Tautan-tautan Akses

Pemimpin Tiongkok, Korsel, Jepang akan Kunjungi Fukushima


Pemimpin ke-3 negara juga akan berkunjung ke Sendai, kota yang rusak paling parah akibat tsunami dan gempa.

Pemimpin ke-3 negara juga akan berkunjung ke Sendai, kota yang rusak paling parah akibat tsunami dan gempa.

Ketiga pemimpin sepakat akan bersama mengunjungi kota Fukushima, sebelum pertemuan puncak 3 negara mulai hari Sabtu di Tokyo.

Para pemimpin Jepang, Tiongkok, dan Korea Selatan telah menyepakati rencana untuk secara bersama-sama mengunjungi kota Fukushima, dekat pembangkit nuklir Jepang yang lumpuh itu, sebelum pertemuan puncak 3 negara mulai hari Sabtu di Tokyo.

Media Jepang melaporkan hari Rabu para pejabat tinggi mengatakan Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao dan Presiden Korea Selatan Lee Myung Bak juga akan berkunjung ke Sendai, salah satu kota yang rusak paling parah dalam bencana gempa-bumi dan tsunami tanggal 11 Maret.

Perdana Menteri Jepang Naoto Kan semula mengusulkan untuk mengadakan pertemuan tahunan dua hari pemimpin ke-3 negara di Fukushima, tetapi gagasan tersebut dibatalkan, kabarnya karena ditentang oleh Tiongkok.

Kementerian luar negeri Jepang sementara itu mengumumkan penerimaan bahan pertolongan sebanyak dua pesawat terbang dari Korea Selatan bagi korban bencana itu. Penerbangan tersebut, yang tiba hari Selasa dan Rabu, membawa antara lain 10 ribu sabun, 51 ribu handuk dan 700 pasang kaos kaki.

XS
SM
MD
LG