Tautan-tautan Akses

Israel Lanjutkan Ofensif di Gaza


Sebuah tank Israel menuju posisi dekat perbatasan Israel-Gaza (18/7/2014). Militer Israel semakin masuk ke Gaza, Jumat, untuk menghancurkan lokasi peluncuran roket kelompok militan Hamas.

Sebuah tank Israel menuju posisi dekat perbatasan Israel-Gaza (18/7/2014). Militer Israel semakin masuk ke Gaza, Jumat, untuk menghancurkan lokasi peluncuran roket kelompok militan Hamas.

Pasukan Israel dengan dukungan tank, pesawat terbang dan kapal angkatan laut, semakin bergerak maju memasuki Jalur Gaza hari Jumat, hari kedua serbuan darat ke wilayah Palestina itu.

Para petugas medis Palestina mengatakan paling sedikit 21 penduduk Gaza tewas sejak serangan darat dilangsungkan, yang ditujukan untuk menghancurkan terowongan-terowongan yang digunakan militan untuk melakukan serangan-serangan terhadap sasaran-sasaran di Israel.

Militer Israel melaporkan korban pertama di pihaknya Jumat pagi setelah seorang tentaranya tewas dalam pertempuran dengan para pejuang Hamas, kelompok Islamis yang mengontrol Jalur Gaza.

Semalam, Militer Israel mengatakan melalui Twitter, pihaknya telah menewaskan 14 militan, menghancurkan 20 peluncur roket dan melangsungkan sembilan serangan terhadap terowongan-terowongan dan menggempur 103 target.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan, Jumat, ia siap memperluas secara signifikan ofensif tersebut, yang hingga saat ini tampaknya lebih terbatas dibanding operasi Israel yang dilakukan pada tahun 2008 dan 2009, yang mengakibatkan 1400 warga Palestina dan 13 warga Israel tewas.

Yonah Jeremy Bob, wartawan masalah hukum harian Jerusalem Post mengatakan kepada VOA penyerbuan itu tampaknya dibatasi hanya serangan oleh pasukan khusus di daerah-daerah perkotaan. Ia mengatakan sebagian besar pasukan Israel berkumpul di tempat-tempat terbuka di pinggir Gaza atau mulai mengelilingi daerah-daerah perkotaan.

XS
SM
MD
LG