Tautan-tautan Akses

Pemimpin Baru Taliban Pakistan Kembali dari Afghanistan


Mullah Fazlullah, pemimpin baru Taliban Pakistan dilaporkan telah kembali ke negaranya dari Afghanistan (foto: dok).

Mullah Fazlullah, pemimpin baru Taliban Pakistan dilaporkan telah kembali ke negaranya dari Afghanistan (foto: dok).

Mullah Fazlullah yang baru ditunjuk sebagai pemimpin baru Taliban-Pakistan, beberapa hari lalu telah tiba di kawasan kesukuan Pakistan dekat perbatasan Afghanistan.

Pemimpin baru Taliban Pakistan telah pulang dari Afghanistan untuk memimpin kelompok militan itu, sebulan setelah mantan pemimpin Taliban-Pakistan tewas dalam serangan pesawat tanpa awak Amerika. Para pejabat intelijen Pakistan memberikan informasi kedatangan pemimpin baru Taliban itu hari Selasa (3/12).

Mullah Fazlullah beberapa hari lalu tiba di kawasan kesukuan semi-otonomi Pakistan di perbatasan dengan Afghanistan, demikian menurut para pejabat itu yang meminta identitasnya dirahasiakan karena mereka tidak berwenang berbicara kepada wartawan.

Fazlullah ditunjuk sebagai pemimpin Taliban Pakistan setelah bekas pemimpin Hakimullah Mehsud tewas dalam serangan pesawat tanpa awak Amerika pada 1 November di kawasan Waziristan Utara.

Fazlullah sempat memimpin Taliban Pakistan di Lembah Swat dan melarikan diri ke Afghanistan setelah militer Pakistan melancarkan ofensif disana tahun 2009. Ia dikenal sebagai militan sangat kejam yang merencanakan upaya pembunuhan aktivis remaja Malala Yousafzai.

Taliban Pakistan telah menewaskan ribuan orang dalam usaha menerapkan hukum Islam di Pakistan dan mengakhiri dukungan pemerintah terhadap perang pimpinan Amerika di negara tetangga, Afghanistan.
XS
SM
MD
LG