Tautan-tautan Akses

PM Pakistan Kunjungi Afghanistan untuk Tingkatkan Hubungan Bilateral


PM Pakistan Nawaz Sharif (foto:dok).

PM Pakistan Nawaz Sharif (foto:dok).

PM Pakistan Nawaz Sharif hari Sabtu berangkat ke Kabul untuk melakukan konsultasi "mendalam" dengan Presiden Afghanistan Hamid Karzai tentang cara meningkatkan hubungan bilateral dan upaya perdamaian Afghanistan.

Kunjungan PM Pakistan ini merupakan kunjungan resmi pertama PM Sharif ke Afghanistan sejak ia terpilih setelah pemilihan anggota parlemen Mei lalu.

Pernyataan kementerian luar negeri yang dirilis hari Jumat di Islamabad menyebutkan pemimpin Pakistan itu juga akan mengadakan pembicaraan dengan anggota Dewan Tinggi Perdamaian Afghanistan yang ditugasi membujuk Taliban agar mengakhiri kekerasan dan bergabung dalam proses rekonsiliasi politik yang tersendat-sendat.

Pakistan dituduh Afghanistan terus berhubungan dengan Taliban Afghanistan, dan Kabul menuntut Islamabad menggunakan pengaruhnya dengan pihak pemberontak untuk mengajak mereka ke meja perundingan.

Awal bulan ini, anggota Dewan Perdamaian Afghanistan bertemu mantan wakil ketua Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar, yang dipenjarakan di Pakistan. Pemerintah Pakistan membebaskan Baradar September lalu tapi ia masih menetap di negara itu. Dan pejabat-pejabat Afghanistan percaya ia bisa menggunakan pengaruhnya untuk membantu mempercepat dimulainya pembicaraan damai antara pemerintah Kabul dan Taliban, yang dianggap krusial selagi pasukan NATO bersiap meninggalkan Afghanistan menjelang akhir tahun depan.
XS
SM
MD
LG