Tautan-tautan Akses

Pemerintahan Transisi Mesir Siap Rombak Kabinet


Para demonstran Mesir tetap berkumpul di lapangan Tahrir, Kairo menuntut dipercepatnya reformasi dan hukuman bagi para pejabat rejim Mubarak (16/7).

Para demonstran Mesir tetap berkumpul di lapangan Tahrir, Kairo menuntut dipercepatnya reformasi dan hukuman bagi para pejabat rejim Mubarak (16/7).

Ini dilakukan untuk memenuhi tuntutan reformasi para demonstran yang telah berkemah dua hari di lapangan Tahrir, di pusat kota Kairo.

Menteri luar negeri Mesir mengundurkan diri dan Perdana Menteri menunjuk dua wakilnya, dalam langkah pertama menuju perombakan kabinet secara keseluruhan yang bertujuan memenuhi tuntutan demonstran.

Perdana Menteri Essam Sharaf hari Sabtu menerima pengunduran diri Muhammad al-Orabi, ia dipandang terlalu dekat dengan pemerintahan Presiden Hosni Mubarak yang digulingkan.

Sharaf juga menunjuk seorang pemimpin salah satu partai politik tertua Mesir, Ali al-Silmi dan seorang ekonom, Hazem Beblawi, untuk menjadi wakil PM. Perdana Menteri diperkirakan akan mengumumkan kabinet barunya hari Senin.

Para pengunjuk rasa telah berkemah di pusat kota Kairo di lapangan Tahrir selama lebih dari seminggu menuntut dipercepatnya reformasi.

Sebelumnya hari Sabtu, seorang anggota dewan militer Mesir yang berkuasa mempersingkat kunjungannya ke lapangan Tahrir Square setelah ia diteriaki para demonstran.

Saksi mata mengatakan pengunjuk rasa berteriak-teriak sehingga suara Jenderal Tareq al-Mahdi tidak bisa terdengar sementara ia berupaya menenangkan kelompok itu.
Lapangan Tahrir adalah pusat protes yang menyebabkan pengunduran diri Mubarak bulan Februari.

XS
SM
MD
LG