Tautan-tautan Akses

Pembukaan Kembali Kawasan Industri Bersama Korea Masih Macet


Delegasi Korea Selatan dan Korea Utara gagal mencapai kesepakatan pada putaran terakhir perundingan soal pembukaan kembali Kaesong (17/7).

Delegasi Korea Selatan dan Korea Utara gagal mencapai kesepakatan pada putaran terakhir perundingan soal pembukaan kembali Kaesong (17/7).

Korea Selatan dan Korea Utara gagal mencapai kesepakatan pada putaran terakhir perundingan untuk membuka kembali kawasan industri bersama Kaesong.

Korea Selatan mengatakan pihaknya gagal mencapai kesepakatan dengan Korea Utara pada putaran terakhir perundingan yang dimaksudkan untuk membuka kembali sebuah kompleks pabrik bersama.

Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengatakan kompromi tidak tercapai dalam perundingan tingkat tim kerja yang diselenggarakan hari Rabu di Kaesong – di seberang perbatasan Korea Utara – dimana kompleks itu berada.

Sama halnya dengan tiga putaran perundingan sebelumnya, hanya sedikit kemajuan yang dicapai tentang proyek tersebut – yang merupakan simbol penting kerjasama antar Korea.

Korea Utara sejauh ini telah menolak tuntutan Korea Selatan untuk menjamin agar fasilitas itu tidak akan ditutup secara sepihak pada saat hubungan memburuk.

Korea Utara memindahkan semua pekerjanya dari Kaesong bulan April lalu, melakukan “tindakan bermusuhan” tanpa merincinya, dan Korea Selatan menanggapinya dengan menarik pulang pekerja-pekerjanya.

Korea Utara kecewa dengan diperluasnya sanksi-sanksi PBB terhadap uji nuklirnya bulan Februari lalu. Korea Utara juga marah terhadap latihan militer tahunan Amerika – Korea Selatan.
XS
SM
MD
LG