Tautan-tautan Akses

Pembom Bunuh Diri Tewaskan Sepupu Presiden Afghanistan


Presiden Afghanistan Hamid Karzai berbicara kepada media usai shalat Idul Fitri di istana Presiden di Kabul, Senin (28/7).

Presiden Afghanistan Hamid Karzai berbicara kepada media usai shalat Idul Fitri di istana Presiden di Kabul, Senin (28/7).

Serangan bom bunuh diri hari Selasa (29/7) menewaskan Hashmat Karzai yang sedang menjamu para tamu di rumahnya dalam rangka Idul Fitri.

Pejabat Afghanistan mengatakan seorang pengebom bunuh diri telah menewaskan sepupu Presiden Hamid Karzai di provinsi Kandahar Afghanistan selatan.

Hashmat Karzai yang menjadi penasehat calon presiden Ashraf Ghani sedang menerima tamu Idul Fitri di rumahnya Selasa (29/7), ketika seorang laki-laki meledakkan bom yang disembunyikan di sorbannya sewaktu keduanya bersalaman.

Dalam sebuah pernyataan tertulis, Presiden Karzai mengatakan keluarganya tidak luput dari kekerasan yang dialami warga Afghanistan lainnya setiap hari.

Hamid Karzai mengatakan “seperti warga Afghanistan lainnya yang menjadi sasaran serangan teroris setiap hari, keluarga kami juga tidak terkecuali dan seperti warga Afghanistan lainnya, kami juga harus menghadapinya”.

Belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas pengeboman itu.

Hasmat Karzai dianggap sebagai perantara kekuasaan di Kandahar dan memimpin kampanye pemilu calon presiden Ashraf Ghani salah seorang dari dua calon yang bersaing untuk menggantikan Karzai.

Ghani menulis di Twitter bahwa kematian penasihatnya itu seharusnya mempersatukan rakyat Afghanistan dalam menghadapi musuh bersama mereka.

Dalam suatu pernyataan, Kedutaan Besar Amerika menyerukan agar para pelaku serangan diajukan ke muka hukum.

XS
SM
MD
LG