Tautan-tautan Akses

Afghanistan: Ofensif Pakistan terhadap Militan Tak Efektif


Militer Pakistan melakukan ofensif darat terhadap militan di kawasan kesukuan Waziristan (foto: dok).

Militer Pakistan melakukan ofensif darat terhadap militan di kawasan kesukuan Waziristan (foto: dok).

Militer Pakistan bulan Juni lalu memulai ofensif darat terhadap militan di kawasan kesukuan Waziristan Utara, dekat perbatasan Afghanistan.

Para pejabat intelijen Afghanistan mengatakan militer Pakistan belum mencapai kemajuan berarti dalam ofensifnya terhadap jaringan Haqqani dan militan-militan lainnya di perbatasan kedua negara itu.

Hadib Sediqi, jurubicara Direktorat Keamanan Nasional Afghanistan, hari Rabu mengatakan kepada para wartawan di Kabul “sayangnya operasi Pakistan sama sekali belum mengakibatkan kerusakan parah di pihak organisasi teroris internasional manapun.”

Pakistan bulan Juni memulai ofensif darat terhadap militan di kawasan kesukuan Waziristan Utara yang berbatasan dengan Afghanistan. Kawasan itu adalah kubu jaringan Haqqani terkait al-Qaida yang telah melancarkan sejumlah serangan hebat dengan banyak korban jiwa di pihak pasukan koalisi internasional dan banyak pejabat di Afghanistan.

Sediqi hari Rabu mengatakan jaringan Haqqani “kebal” dari operasi militer tersebut,” dan intelijen Afghanistan menunjukkan banyak tokoh utama Haqqani telah meninggalkan Waziristan Utara sebelum operasi itu dimulai.

Laksamana Mike Mullen, kepala staf gabungan militer Amerika tahun 2011, saat itu mengatakan kepada Kongres Amerika jaringan Haqqani dapat dikatakan adalah bagian dari badan intelijen militer Pakistan (ISI).

Pakistan membantah tuduhan tersebut dan mengatakan operasi saat ini di Waziristan Utara menarget semua kelompok militan.

XS
SM
MD
LG