Tautan-tautan Akses

Pemberontak Suriah Rilis Video Pilot yang Tertangkap


Video pemberontak Suriah menunjukkan pesawat jet tempur Suriah yang diduga jenis MiG buatan Rusia ditembak jatuh (13/8).

Video pemberontak Suriah menunjukkan pesawat jet tempur Suriah yang diduga jenis MiG buatan Rusia ditembak jatuh (13/8).

Video pemberontak, yang menunjukkan seorang pria yang diidentifikasi sebagai pilot pesawat dikelilingi oleh pria bersenjata, itu tidak bisa dikukuhkan secara independen.

Pemberontak Suriah mengedarkan gambar video apa yang diklaimnya pesawat Suriah yang jatuh dan pilot yang tertangkap, sementara para menteri luar negeri Organisasi Kerjasama Islam (OKI) hari Senin sepakat menangguhkan keanggotaan Suriah dari organisasi mereka.

Video pemberontak itu tidak bisa dikukuhkan secara independen. Aktivis oposisi memasang rekaman video amatir di YouTube hari Senin yang memperlihatkan sebuah pesawat jet tempur terbang di tengah-tengah suara tembakan hebat, kemudian meledak dalam bola kobaran api dan meninggalkan jejak asap.

Seorang aktivis menyambut gembira, dengan mengatakan pesawat itu ditembak di kota Mohassen di provinsi Deir al-Zor. Setelah itu dirilis sebuah rekaman video yang menunjukkan seorang pria yang diidentifikasi sebagai pilot pesawat, dikelilingi oleh pria bersenjata.

Menurut laporan saksi mata, pemerintah Suriah menggunakan jet-jet tempur sebagai bagian dari serangan terbarunya terhadap wilayah-wilayah kekuasaan pemberontak di Suriah.

Sementara itu para menteri luar negeri OKI yang bersiap-siap menghadiri KTT hari Selasa di Mekah merekomendasikan penangguhan keanggotaan Suriah dalam organisasi itu. Langkah itu dapat mengakibatkan sengketa diplomatik dalam KTT itu antara Iran sebagai sekutu kunci presiden Suriah, dan Arab Saudi yang pro-oposisi.
XS
SM
MD
LG