Tautan-tautan Akses

Pembantu Utama Pemimpin Korut Tewas dalam Kecelakaan Mobil


Kim Yang Gon, pembantu utama pemimpin Kim Jong Un meninggal dunia dalam kecelakaan mobil (foto: dok).

Kim Yang Gon, pembantu utama pemimpin Kim Jong Un meninggal dunia dalam kecelakaan mobil (foto: dok).

Media pemerintah Korea Utara mengatakan, seorang pembantu utama pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah meninggal dunia dalam kecelakaan mobil, Selasa (29/12).

Kantor berita KCNA mengatakan Kim Yang Gon berusia 73 tahun, Kepala United Front Department Pyongyang – kantor yang mengatur hubungan Korea Utara dan Korea Selatan – meninggal Selasa (29/12) pagi. Laporan itu tidak memberikan rincian lebih jauh.

Diplomat karier Kim memimpin delegasi tingkat tinggi mengadakan pembicaraan bulan Agustus dengan para utusan Korea Selatan setelah tentara dari kedua pemerintah yang bersaing itu saling melepaskan tembakan artileri menyusul sengketa mengenai siaran propaganda Korea Selatan ke Korea Utara.

Para perunding mencapai persetujuan beberapa hari kemudian di mana Korea Selatan setuju untuk menghentikan siaran dan Korea Utara minta maaf atas serangkaian provokasi di perbatasan.

Kim dipandang secara luas sebagai orang kepercayaan utama pemimpin Korea Utara saat ini. Dia juga memainkan peran utama dalam KTT 2007 antara mantan pemimpin Kim Jong Il dan Presiden Korea Selatan Roh Moon-hyun, yang meninggal tahun 2009.

Dalam KTT itu, kedua pihak mendukung persetujuan yang dicapai sebelumnya “untuk menyelesaikan masalah penyatuan dengan cara masing-masing.

Deklarasi KTT juga menyatakan kedua pihak sepakat untuk “dengan tegas mewujudkan hubungan antar-Korea menjadi hubungan saling menghormati dan saling percaya.” [sp/ii]

XS
SM
MD
LG