Tautan-tautan Akses

Korea Selatan dan Korea Utara Mulai Gelar Dialog


Wakil Menteri Unifikasi Korea Selatan, Hwang Boogi (dua dari kiri) dan rekan mitranya dari Korea Utara, Jong Su Jon dalam pembicaraan di kompleks industri Kaesong, Korea Utara (Foto: dok).

Wakil Menteri Unifikasi Korea Selatan, Hwang Boogi (dua dari kiri) dan rekan mitranya dari Korea Utara, Jong Su Jon dalam pembicaraan di kompleks industri Kaesong, Korea Utara (Foto: dok).

Korea Utara dan Korea Selatan mengadakan pembicaraan tingkat tinggi untuk pertama kalinya dalam hampir dua tahun, dan kedua negara menyatakan keinginan untuk memperbaiki hubungan yang telah lama mengalami ketegangan.

Pertemuan tingkat wakil menteri itu diadakan hari Jumat (11/12) di kompleks industri Kaesong di Korea Utara, tidak jauh dari zona demiliterisasi yang memisahkan kedua negara.

Wakil Menteri Unifikasi Korea Selatan Hwang Boo-gi dan rekan mitranya dari Korea Utara, Jong Su Jon, memperlihatkan nada optimis ketika mereka berjabat tangan pada awal dialog.

Pembicaraan itu disetujui bulan Agustus lalu sebagai bagian dari kesepakatan yang mengakhiri kebuntuan karena insiden ranjau darat yang melukai dua tentara Korea Selatan di dekat perbatasan dengan Korea Utara.

Tidak ada agenda resmi untuk pembicaraan itu, dan diperkirakan tidak akan muncul terobosan signifikan, meskipun masing-masing pihak diduga memiliki tujuan yang jelas.

Pyongyang diperkirakan akan mendorong dimulainya kembali tur wisata warga Korea Selatan ke Gunung Kumgang yang berpemandangan permai. Korea Selatan menghentikan tur ke Kumgang pada tahun 2008 setelah seorang warga Korea Selatan tewas di sana.

Korea Selatan menginginkan agar Korea Utara menyetujui reuni yang lebih sering antara keluarga-keluarga Korea Utara dan Korea Selatan yang dipisahkan oleh konflik kedua negara tahun 1950. Reuni keluarga terakhir diadakan pada bulan Oktober lalu. [lt]

XS
SM
MD
LG