Tautan-tautan Akses

Pemain Ski Norwegia Catat Sejarah pada Hari Pertama Olimpiade Sochi


Ole Einar Bjoerndalen (tengah)

Ole Einar Bjoerndalen (tengah)

Seorang pemain ski yang sudah berumur mencatat sejarah pada hari pertama pertandingan Olimpiade Musim Dingin di Sochi, Rusia.

Ole Einar Bjoerndalen dari Norwegia menjadi peraih medali emas tertua pada pertandingan tunggal. Pria usia 40 tahun itu mencapai finish pertama dalam pertandingan biathlon 10 kilometer mengalahkan rekor usia yang dibuat oleh pemain skeleton Kanada, Duff Gibson.

Gibson berusia 39 ketika ia memenangkan emas pada Olimpiade Turin 2006.

Bjoerndalen juga menyamai rekan senegaranya Bjoern Daehlie dalam perolehan medali terbanyak pada Olimpiade musim dingin.

Pemain skate cepat Sven Kramer dari Belanda juga mencetak prestasi. Ia mempertahankan gelarnya pada kategori 5000 meter putra, mencetak emas dengan catatan waktu 6 menit, 10.76 detik.

Norwegia memenangkan dua dari lima medali emas yang diperebutkan hari Sabtu. Selain Bjoerndalen, Marit Bjoergen memenangkan emas dalam lintas alam skiathlon 15 kilometer atau 7,5 kilometer gaya tradisional dan 7,5 kilometer gaya bebas.

Justine Dufour-Lapointe dari Kanada memenangkan emas untuk cabang ski gaya bebas putri.

Amerika meraih emas pertamanya pada Olimpiade Sochi. Sage Kotsenburg menaklukkan medan berbahaya memenangkan pertandingan snowboarding slopestyle.
XS
SM
MD
LG