Tautan-tautan Akses

AS

Pelatih 'Biggest Loser': Diet Lebih Utama Dibanding Olahraga


Dokter mengatakan diet adalah faktor utama untuk menurunkan berat badan, namun olahraga-lah yang memungkinkan penurunan berat badan itu terus terjaga. (Foto: Dok)

Dokter mengatakan diet adalah faktor utama untuk menurunkan berat badan, namun olahraga-lah yang memungkinkan penurunan berat badan itu terus terjaga. (Foto: Dok)

Pelatih kebugaran mengatakan diet lebih utama dibandingkan olahraga dalam menurunkan berat badan, namun dokter berpendapat lain.

Pelatih kebugaran terkenal Bob Harper, dari acara televisi pengurangan berat badan “The Biggest Loser,” telah membina karir dengan membuat orang-orang penderita obesitas menghadapi olahraga yang berat. Namun ia mengatakan pengalaman menunjukkan bahwa diet atau pengaturan makanan lebih utama dibandingkan olahraga dalam menurunkan berat badan.

Pelatih yang berbasis di Los Angeles itu mengatakan ia tidak lagi percaya hanya berolahraga akan menjauhkan dari berat badan berlebih.

“Yang utama adalah diet,” ujar Harper, 48, dalam istirahat pengambilan gambar Musim ke-15 acara tersebut.

“Dulu saya kira kita bisa mengalahkan apa yang kita makan dengan berolahraga, tapi ternyata tidak bisa.”

Dr. Mark Kelly, ahli fisiologi olahraga pada Dewan Olahraga Amerika, mengatakan bahwa ia sepakat diet adalah faktor utama untuk menurunkan berat badan, namun olahraga-lah yang memungkinkan penurunan berat badan itu terus terjaga.

Ia mengutip sebuah studi dari National Weight Control Registry, yang mengikutsertakan orang-orang berusia 18 tahun ke atas yang telah kehilangan sedikitnya 13,6 kilogram bobotnya dan dapat mempertahankannya paling tidak satu tahun. Sembilan puluh persen dari mereka berolahraga secara rutin.

“Nomor satu yang mereka lakukan adalah berolahraga secara rutin. Banyak yang melakukannya hanya dengan berjalan kaki,” ujarnya. (Reuters/Dorene Internicola)
XS
SM
MD
LG