Tautan-tautan Akses

Asosiasi Dokter AS: Obesitas adalah Penyakit


Asosiasi dokter Amerika mengatakan hari Rabu (19/6) bahwa obesitas merupakan suatu penyakit (foto: ilustrasi).

Asosiasi dokter Amerika mengatakan hari Rabu (19/6) bahwa obesitas merupakan suatu penyakit (foto: ilustrasi).

Kelompok dokter Amerika yang tergabung dalam Asosiasi Ahli Kesehatan Amerika atau AMA mengatakan hari Rabu (19/6) bahwa obesitas merupakan suatu penyakit.

Keputusan yang diumumkan pekan ini oleh Asosiasi Ahli Kesehatan Amerika (AMA) dalam pertemuan tahunannya itu, dapat mendorong pendanaan riset tentang obesitas dan membantu orang memperoleh tanggungan asuransi untuk perawatannya.

AMA mengatakan obesitas memerlukan tingkat intervensi medis bagi perawatan dan pencegahan. Perusahaan-perusahaan asuransi umumnya tidak menjamin layanan ahli gizi atau dokter untuk merawat obesitas.

Menurut Pusat Pengawasan dan Pencegahan Penyakit CDC, tingkat obesitas di Amerika naik hampir 50% antara tahun 1997 – 2002. CDC juga mengatakan hampir 40% orang dewasa di Amerika menderita obesitas dan obesitas di kalangan anak-anak naik lebih dari dua kali dalam 30 tahun ini.

Badan Kesehatan Dunia WHO memperkirakan secara global sedikitnya 2,8 juta orang meninggal setiap tahun akibat kelebihan berat badan.

Dr. Patrice Harris dari AMA mengatakan “pengakuan bahwa obesitas merupakan penyakit akan membantu mengubah cara ahli-ahli kesehatan menanganani isu rumit yang menimbulkan dampak pada 1 dari 3 warga Amerika ini”.

Obesitas terkait penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke, tekanan darah tinggi dan diabetes tipe-2. Obesitas juga meningkatkan resiko kanker.
XS
SM
MD
LG