Tautan-tautan Akses

Pejuang NTC Libya Perluas Kontrol atas Kubu Gaddafi


Pasukan NTC Libya merayakan kemenangan di kota Wadi Dinar (21/9).

Pasukan NTC Libya merayakan kemenangan di kota Wadi Dinar (21/9).

NTC mengatakan pasukannya telah menguasai semua distrik kota di Libya selatan, tapi masih menghadapi perlawanan dari penembak jitu.

Pejuang Dewan Transisi Nasional (NTC) Libya mengklaim kontrol atas kota Sabha, salah satu benteng yang tersisa bagi loyalis Moammar Gaddafi. Hari Kamis, NTC mengatakan pasukannya telah menguasai semua distrik kota di Libya selatan itu tapi masih menghadapi kantong-kantong perlawanan dari penembak jitu.

Pejuang pemerintah sementara hari Rabu mengatakan mereka telah mengatasi loyalis Gaddafi di banyak bagian kota itu, 750 kilometer arah selatan dari Tripoli.

Namun, pejuang NTC masih bergulat untuk menguasai kota asal Gaddafi, Sirte, dan kota gurun Bani Walid. Pasukan NTC telah menghadapi perlawanan sengit dari loyalis Gaddafi di kedua kota itu.

Sementara itu, Tunisia telah menghukum mantan Perdana Menteri Libya Baghdadi Mahmudi dengan enam bulan penjara karena memasuki negara itu secara ilegal. Pihak berwenang mengatakan mereka menangkap pejabat era Gaddafi itu di wilayah perbatasan Rabu malam.

Dalam perkembangan lain, NATO mengumumkan akan memperpanjang operasinya di Libya selama tiga bulan. Sekretaris Jenderal NATO Anders Fogh Rasmussen hari Rabu mengatakan aliansi itu bertekad melanjutkan misinya "selama diperlukan."

XS
SM
MD
LG