Tautan-tautan Akses

Pejabat Tiongkok Diturunkan Jabatannya akibat Skandal Baru


Ling Jihua (kiri) sekutu dekat Presiden Tiongkok Hu Jintao diturunkan dari jabatannya akibat skandal yang melibatkan anak laki-lakinya (foto: dok).

Ling Jihua (kiri) sekutu dekat Presiden Tiongkok Hu Jintao diturunkan dari jabatannya akibat skandal yang melibatkan anak laki-lakinya (foto: dok).

Media resmi Tiongkok melaporkan bahwa sekutu dekat Presiden Hu Jintao, Ling Jihua baru-baru ini dicopot dari jabatan ketua Kantor Sentral Komite.

Seorang sekutu dekat Presiden Tiongkok Hu Jintao telah diturunkan jabatannya menyusul laporan-laporan bahwa anak lelakinya tewas dalam kecelakaan dengan dua perempuan yang berpakaian minim di mana keduanya cedera.

Harian South China Morning Post hari Senin mengutip pejabat yang tidak disebutkan namanya yang mengkonfirmasi laporan bahwa Ling Gu, anak laki-laki Ling Jihua yang sebelumnya pejabat tinggi partai komunis, tewas bulan Maret lalu sewaktu mengendarai mobil sport mewah. Laporan itu mengatakan ia didapati hampir telanjang sewaktu kecelakaan.

Media resmi melaporkan bahwa Ling Jihua baru-baru ini dicopot dari jabatan ketua Kantor Sentral Komite partai itu tanpa menyebut kecelakaan mobil itu.

Laporan-laporan memalukan tentang kecelakaan tanggal 18 Maret yang menyangkut mobil Ferrari yang berkecepatan tinggi itu diikuti dengan seksama menyusul sebuah skandal politik terbesar Tiongkok dalam beberapa dekade.

Skandal politik itu mengakibatkan jatuhnya politisi senior Bo Xilai, setelah isterinya mendapat hukuman mati yang ditangguhkan bulan lalu. Isteri politisi Bo Xilai mengaku membunuh seorang pengusaha Inggris dengan racun.
XS
SM
MD
LG