Tautan-tautan Akses

PBB Mulai Kirimkan Bantuan Pangan ke Somalia


Bantuan bahan pangan dari Program Pangan Dunia PBB (WFP) tiba di bandara Mogadishu, Rabu (27/7).

Bantuan bahan pangan dari Program Pangan Dunia PBB (WFP) tiba di bandara Mogadishu, Rabu (27/7).

Pengiriman bantuan lewat udara itu semula dijadwalkan hari Selasa tetapi ditunda karena masalah-masalah logistik di Kenya.

Badan Pangan Dunia WFP telah memulai pengiriman bantuan pangan darurat ke daerah Tanduk Afrika yang dilanda kemarau parah.

Seorang pejabat WFP memastikan kepada VOA Siaran Somalia, pesawat pertama yang membawa lebih dari 14 ton pangan telah mendarat hari Rabu di ibukota Mogadishu.

Pesawat ini diyakini merupakan pesawat pertama yang mengirimkan bantuan pangan ke Somalia sejak PBB mengumumkan bencana kelaparan di dua wilayah selatan negara itu pekan lalu.

Pesawat-pesawat tambahan diperkirakan akan berangkat pekan ini ke Ethiopia bagian timur dan Kenya bagian utara, di dekat perbatasan Somalia.

Pengiriman bantuan lewat udara itu semula dijadwalkan hari Selasa tetapi ditunda oleh apa yang digambarkan WFP sebagai masalah-masalah logistik di Kenya.

Pejabat-pejabat PBB mengatakan lebih dari 11 juta orang di Tanduk Afrika membutuhkan bantuan darurat.

PBB mengadakan konferensi para donor di Nairobi – Kenya hari Rabu, dengan tujuan mengumpulkan dana hingga 1,6 milyar dollar untuk memerangi bencana kelaparan dalam 12 bulan mendatang.

XS
SM
MD
LG