Tautan-tautan Akses

PBB Mulai Distribusikan Bantuan Pangan ke Somalia dan Tanduk Afrika


Para pekerja sosial PBB di Somalia menyiapkan bantuan bahan pangan di kompleks PBB di Mogadishu (25/7).

Para pekerja sosial PBB di Somalia menyiapkan bantuan bahan pangan di kompleks PBB di Mogadishu (25/7).

Program pangan dunia PBB mengatakan tindakan besar-besaran dibutuhkan untuk menyelamatkan jutaan orang di wilayah itu dari kelaparan.

Program Pangan Dunia PBB mulai mengirimkan bantuan pangan ke Somalia hari Selasa. Direktur WFP Josette Sheeran mengatakan ini merupakan pengiriman pangan yang pertama sejak PBB menyatakan terjadinya bencana kelaparan di dua bagian Somalia pekan lalu.

PBB mengatakan tindakan besar-besaran dibutuhkan untuk menyelamatkan jutaan orang yang tinggal di Tanduk Afrika itu dari kelaparan.

Badan dunia itu juga mengumumkan pihaknya akan mulai mengirimkan bantuan pangan ke ibukota Somalia, Mogadishu, dan juga ke Etiopia timur dan Kenya utara hari Selasa.

Program Pangan Dunia PBB mengadakan pertemuan darurat hari Senin di Roma, di mana pimpinannya, Jacques Diouf, menggambarkan sebagai “bencana” situasi yang dihadapi wilayah itu ditengah-tengah musim kemarau terburuk dalam 60 tahun.

Konferensi para donor akan diadakan di Nairobi, Kenya, hari Rabu, ketika WFP akan mencari bantuan dana sebesar 1,6 milyar dolar untuk lebih 11 juta orang yang kelaparan, kebanyakan mereka adalah anak-anak.

XS
SM
MD
LG