Tautan-tautan Akses

Para Pakar Senjata Kimia Khawatirkan Keamanan Saat Bertugas di Suriah


Petugas pemadam kebakaran tengah berupaya memadamkan kebakaran pasca serangan bom di Damaskus (15/10).

Petugas pemadam kebakaran tengah berupaya memadamkan kebakaran pasca serangan bom di Damaskus (15/10).

Malik Ellahi, pejabat senior Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW), Kamis (17/10), mengatakan bahwa sejauh ini masalah keamanan tidak menghalangi misi mereka di Suriah.

Para pakar senjata kimia yang ditugaskan memusnahkan senjata kimia Suriah mengatakan keamanan menjadi masalah, pasca terjadinya serangkaian serangan bom mobil dan mortir di dekat sebuah hotel di Damaskus dimana tim itu menginap.

Malik Ellahi, seorang pejabat senior Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW), mengatakan kepada wartawan, Kamis, bahwa sejauh ini masalah keamanan tidak menghalangi para inspektur untuk melakukan pekerjaan mereka.

Ia mengatakan timnya telah mengunjungi 11 lokasi yang dinyatakan Suriah sebagai bagian dari program senjata nuklirnya, dan telah menghancurkan peralatan di enam lokasi di antaranya. Mereka dijadwalkan menyelesaikan tahap tersebut dalam misi itu tanggal 1 November, dan menghancurkan semua senjata kimia menjelang pertengahan tahun depan.

Sementara itu, Wakil Perdana Menteri Suriah Qadri Jamil mengatakan, konferensi perdamaian yang sudah lama diusulkan akan berlangsung tanggal 23 hingga 24 November.
XS
SM
MD
LG