Tautan-tautan Akses

Utusan PBB-Liga Arab Desak Pembicaraan Perdamaian Suriah


Lakhdar Brahimi, utusan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)-Liga Arab untuk Suriah, berbicara dengan Menteri Luar Negeri AS John Kerry di London (14/10). (AP/Jacquelyn Martin)

Lakhdar Brahimi, utusan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)-Liga Arab untuk Suriah, berbicara dengan Menteri Luar Negeri AS John Kerry di London (14/10). (AP/Jacquelyn Martin)

Lakhdar Brahimi, utusan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)-Liga Arab untuk Suriah mendesak penyelenggaraan pembicaraan Suriah.

Saat melakukan lawatan ke Mesir, Lakhdar Brahimi, utusan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)-Liga Arab untuk Suriah mendesak penyelenggaraan pembicaraan Suriah.

Brahimi berada di Kairo sebagai bagian dari lawatan ke kawasan yang ditujukan untuk memperoleh dukungan bagi sebuah konferensi perdamaian di Jenewa November.

Brahimi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Mesir Nabil Fahmy Sabtu (19/10). dan akan bertemu dengan ketua Liga Arab Nabil al-Arabi pada Minggu.

Konferensi yang dijuluki “Jenewa Dua” itu ditujukan untuk membentuk sebuah pemerintahan transisi di Suriah guna mempersiapkan pemilihan yang demokratis.

Setelah melakukan pembicaraan dengan Brahimi minggu lalu, Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengatakan Presiden Suriah Bashar al-Assad sudah kehilangan keabsahan sebagai sebuah kekuatan kohesif yang mampu mempersatukan rakyat. Kerry mengatakan penting agar konferensi Jenewa pada pertengahan November mendatang mencapai target yang telah ditetapkan PBB.

Dalam berita lainnya, aktivis Suriah mengatakan paling sedikit 16 tentara tewas dalam sebuah pemboman bunuh diri dengan mobil dan dilanjutkan bentrokan dengan pembrontak di luar Damaskus.

Lembaga hak asasi manusia The Syrian Observatory for Human Rights yang berbasis di Inggris mengatakan Front Nusra yang terkait dengan al-Qaida bertanggung jawab atas serangan bunuh diri itu.
XS
SM
MD
LG