Tautan-tautan Akses

PBB: Bukti-bukti Tunjukkan Presiden Suriah Terlibat Kejahatan Perang


Kepala HAM PBB Navi Pillay dalam konferensi pers di Kantor Pusat PBB di Jenewa (2/12).

Kepala HAM PBB Navi Pillay dalam konferensi pers di Kantor Pusat PBB di Jenewa (2/12).

Presiden Bashar al-Assad termasuk dalam daftar panjang dan rahasia yang disusun oleh tim penyidik PBB untuk pertama kalinya, sebagai salah seorang terduga pelaku kejahatan perang Suriah.

Kepala HAM PBB mengatakan bukti-bukti yang dikumpulkan oleh penyelidik PBB melibatkan Presiden Suriah Bashar al-Assad dan orang-orang terdekatnya dalam kejahatan terhadap kemanusiaan dan kejahatan perang.

Kepala HAM PBB Navi Pillay hari Senin (2/12) mengatakan skala dan tingkat kekejaman yang dilakukan oleh kedua belah pihak hampir tidak dapat dipercaya dan sedang didokumentasikan oleh sekelompok pakar penyidik.

Keempat anggota tim penyidik PBB, yang telah menyelidiki pelanggaran HAM tidak lama setelah konflik itu dimulai, sebelumnya telah menuduh baik pemerintah Suriah maupun pemberontak melakukan kejahatan perang.

Untuk pertama kalinya, tim penyidik PBB menyusun daftar panjang dan rahasia tentang para terduga pelaku kejahatan perang Suriah tersebut. Presiden Bashar al-Assad merupakan salah satu yang tercantum dalam daftar tersebut.
XS
SM
MD
LG