Tautan-tautan Akses

OPCW: 30 Perusahaan Siap Bantu Musnahkan Senjata Kimia Suriah


Para pekerja OPCW menguji zat kimia di Laboratorium (foto: dok).

OPCW hari Jumat (29/11) mengatakan lebih 30 perusahaan swasta telah menyatakan bersedia memusnahkan zat-zat kimia yang dimiliki Suriah.

Seorang pejabat Organisasi bagi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) hari Jumat (29/11) mengatakan lebih 30 perusahaan swasta telah menyatakan bersedia memusnahkan zat-zat kimia yang dinyatakan Suriah sebagai bagian dari program zat beracunnya.

Jumat pagi, kepala pemantau senjata kimia global itu, Ahmet Uzumcu, dalam pertemuan mengatakan 28 perusahaan telah menyatakan minat untuk memusnahkan beberapa bagian persediaan zat kimia Suriah yang tidak begitu berbahaya. Sedangkan bahan kimia paling beracun dan persenjataan zat kimia tetap harus dimusnahkan dalam fasilitas yang dijaga ketat dibawah pengawasan OPCW, kemungkinan besar dalam kapal di Laut Tengah.

Organisasi itu pekan lalu mencari perusahaan-perusahaan yang ingin berperan dalam “penanganan dan pembuangan bahan kimia organik dan inorganik berbahaya maupun tidak berbahaya” milik Suriah.

Pejabat OPCW itu, yang tidak berwenang membahas secara terbuka jumlah perusahaan swasta yang menawarkan jasa mereka, mengatakan, menjelang Jumat malam 35 perusahaan telah menyatakan minat secara resmi. Tenggat waktunya adalah Jumat tengah malam.

OPCW menginginkan agar kurang lebih 800 ton zat kimia, sebagian besar adalah bahan kimia industri, yang secara berkala dimusnahkan di fasilitas sipil di seluruh dunia, hendaknya dimusnahkan oleh perusahaan swasta sebagai bagian dari rencana ambisius organisasi tersebut untuk sepenuhnya memusnahkan program senjata kimia Suriah selambat-lambatnya pertengahan tahun 2014.
XS
SM
MD
LG