Tautan-tautan Akses

Paus Kecam Pemimpin Dunia Karena Tunda Perjanjian Iklim


Paus Fransiskus menyapa Stephen Hawking, ahli fisika teori dan kosmologi, dalam pertemuan dengan Akademi Ilmu Pengetahuan Kepausan di Vatikan (28/11).

Paus Fransiskus menyapa Stephen Hawking, ahli fisika teori dan kosmologi, dalam pertemuan dengan Akademi Ilmu Pengetahuan Kepausan di Vatikan (28/11).

Paus dengan keras mengecam mereka yang tetap menyangkal bahwa kegiatan manusia-lah yang menyebabkan bumi memanas.

Paus Fransiskus mengecam para pemimpin dunia hari Senin (28/11) karena mengulur-ulur waktu dalam menunjukkan “kemauan yang nyata” untuk memberlakukan persetujuan perubahan iklim.

Paus berbicara dalam konferensi para ilmuwan utama di Vatikan.

“Gangguan atau penundaan dalam melaksanakan persetujuan global mengenai lingkungan menunjukkan bahwa politik telah dikalahkan oleh teknologi dan ekonomi yang berusaha menarik keuntungan dari segala-galanya,” katanya.

Paus menambahkan bahwa meskipun ada sedikit “perkecualian yang terpuji” dibandingkan para pemimpin yang gagal mengatasi perubahan iklim, dia dengan keras mengecam mereka yang tetap menyangkal bahwa kegiatan manusia-lah yang menyebabkan bumi memanas.

Paus mengecam adanya "perilaku yang meremehkan pendapat ilmiah yang kuat tentang keadaan planet kita”.

Meskipun Paus tidak menyebut nama pemimpin-pemimpin dunia mana pun, Presiden AS terpilih Donald Trump telah menyebut pemanasan global “tipuan” buatan China. Trump telah mengancam akan menarik Amerika keluar dari Persetujuan Perubahan Iklim Paris. [sp/isa]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG