Tautan-tautan Akses

Paus: Tanpa Perjanjian Iklim, Dunia Mengarah pada 'Bunuh Diri'


Paus Fransiskus dalam konferensi pers di atas pesawat yang menuju Roma (30/11).

Paus Fransiskus dalam konferensi pers di atas pesawat yang menuju Roma (30/11).

Paus mengatakan setiap tahun masalah pemanasan global memburuk dan sekarang dunia sedang dalam batas bunuh diri.

Konferensi iklim PBB di Paris kemungkinan besar merupakan peluang terakhir manusia untuk menggagalkan bencana lingkungan global, menurut Paus Fransikus hari Senin (30/11), mengingatkan bahwa dunia sedang ada pada "batas bunuh diri."

Paus, yang menulis dokumen besar mengenai lingkungan hidup Juni lalu, berkomentar dalam konferensi pers satu jam di atas pesawat yang membawanya kembali ke Roma, setelah perjalanan enam hari di Afrika.

Pembicaraan yang bebas itu telah menjadi ciri khas kepemimpinannya dan beberapa kali ia menjawab pertanyaan langsung dari jurnalis.

Paus, yang mengunjungi Kenya, Uganda dan Republik Afrika Tengah, juga mengatakan benua itu "martir eksploitasi" oleh negara-negara kaya yang ingin mengambil sumber-sumber alamnya dan mencoba memberlakukan nilai-nilai Barat, bukannya berkonsentrasi pada pembangunan.

Paus ditanya apakah KTT Iklim PBB di Paris akan menandai perubahan besar dalam perjuangan melawan pemanasan global.

"Saya tidak tahu, tapi saya bisa bilang 'sekarang atau tidak sama sekali'," ujarnya. "Setiap tahun masalahnya memburuk. Kita ada pada suatu batas. Jika saya boleh menggunakan kata-kata keras saya akan mengatakan bahwa kita berada pada batas bunuh diri."

Ia berbicara mengenai mencairnya gletser di Greenland dan bagaimana negara-negara di dataran rendah menghadapi risiko akibat naiknya permukaan air laut.

"Saya yakin (para delegasi Paris) berniat baik melakukan sesuatu. Saya harap memang begitu dan saya berdoa," ujarnya.

Para pemimpin dunia meluncurkan upaya ambisius Senin untuk menahan kenaikan suhu Bumi. Amerika Serikat dan China, yang merupakan penghasil karbon terbesar dunia, mendesak KTT Iklim PBB di Paris untuk melakukan langkah menentukan dalam perjuangan melawan pemanasan global. [hd/dw]

XS
SM
MD
LG