Tautan-tautan Akses

Paus Fransiskus Pimpin Doa Pertama Hari Ini


Paus Fransiskus saat memimpin doa Angelus dari jendela apartemennya yang menghadap Lapangan Santo Peter di Vatikan (17/3).

Paus Fransiskus saat memimpin doa Angelus dari jendela apartemennya yang menghadap Lapangan Santo Peter di Vatikan (17/3).

Ratusan ribu jemaat memadati Lapangan Santo Petrus, Minggu (17/3), untuk mengikuti doa bersama Paus Fransiskus untuk pertama kalinya dari jendela apartemen kepausannya.

Paus Fransiskus, yang semula dikenal sebagai Kardinal Jorge Bergoglio dari Argentina itu merupakan pastor Yesuit pertama yang dipilih untuk memimpin gereja Katolik sedunia. Ia diperkirakan akan bertemu dengan Presiden Argentina Cristina Kirchner pekan ini.

Fransiskus akan ditahbiskan secara resmi sebagai kepala Gereja Katolik Roma hari Selasa, dalam upacara yang dihadiri para delegasi asing, termasuk delegasi yang dipimpin Wakil Presiden Amerika Joe Biden yang beragama Katolik.

Vatikan menyatakan Fransiskus Sabtu mendatang akan bertemu dengan pendahulunya yang kini berusia 85 tahun, Paus Benediktus XVI. Paus Benediktus XVI bulan lalu menjadi paus pertama dalam 600 tahun yang mengundurkan diri dari jabatannya.

Paus Fransiskus, seperti halnya Santo Fransiskus Asisi yang hidup pada abad ke-13, dikenal karena kerendahan hati dan komitmennya pada isu-isu sosial. Pada malam ia terpilih, ia menghindari penggunaan limusin kepausan dan naik bus bersama para kardinal. Ia kemudian singgah ke sebuah hotel di Vatikan untuk mengambil barang-barangnya dan membayar tagihan hotel itu sendiri.
XS
SM
MD
LG