Tautan-tautan Akses

Paus Fransiskus Bertemu Dewan Kardinal


Paus Fransiskus hari Jumat (15/3) mengadakan pertemuan dengan para kardinal yang memilihnya di Vatikan.

Paus Fransiskus hari Jumat (15/3) mengadakan pertemuan dengan para kardinal yang memilihnya di Vatikan.

Paus Fransiskus hari Jumat mengadakan pertemuan dengan para kardinal yang memilihnya, dan mengatakan kepada Dewan Kardinal agar jangan menyerah pada pesimisme.

Paus Fransiskus, 76 tahun, mengatakan kepada para kardinal lanjut usia yang berkumpul di Balai Clementine di kota Vatikan Jumat (15/3) bahwa usia adalah “singgasana kearifan semasa hidup” yang harus diteruskan kepada generasi muda.

Sebelum pelantikannya secara resmi sebagai Paus pada Selasa mendatang, Paus Fransiskus, seorang warga Argentina dan Paus pertama dari Amerika Latin, juga diperkirakan akan bertemu para wartawan hari Sabtu. Hari Minggu, ia akan tampil di jendela apartemen yang khusus bagi para Paus untuk membaca doa Angelus bersama jemaat di Lapangan Santo Petrus.

Sementara itu, Vatikan hari Jumat membantah sebagai fitnah tuduhan bahwa Paus yang baru terpilih, Jorge Mario Bergoglio, tidak berbuat cukup banyak untuk menentang kediktatoran militer Argentina tahun 1976-1983.

Di antara tuduhan itu adalah bahwa Bergoglio, yang merupakan pemimpin ordo Jesuit di Argentina semasa periode itu, gagal melindungi dua pastor SJ yang diculik dan disiksa oleh junta tersebut.

Salah seorang dari kedua pastor itu, Francisco Jalics, mengatakan ia kemudian berdamai dengan Bergoglio. Pastor lainnya sejak itu telah meninggal.

Juru bicara Vatikan Federico Lombardi mengatakan tuduhan itu merupakan bagian dari kampanye "anti-pastor" sayap kiri dan harus ditolak.
XS
SM
MD
LG