Tautan-tautan Akses

Pasukan Yaman Usir Pemberontak Houthi dari Aden


Para milisi Sunni pendukung Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi melakukan patroli di Aden, Yaman Selatan (23/3).

Para milisi Sunni pendukung Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi melakukan patroli di Aden, Yaman Selatan (23/3).

Pemberontak Syiah Houthi telah mengirim beberapa ribu pasukan ke Yaman selatan dan bertempur sekitar subuh hari Senin (23/3).

Tentara yang setia kepada Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi mengenyahkan puluhan pemberontak Houthi Syiah yang telah dikirim menuju kota Aden, Yaman selatan. Demikian menurut sumber-sumber milisi dan keamanan hari Senin.

Para pejabat keamanan mengatakan pemberontak telah mengirim beberapa ribu pasukan ke Yaman selatan dan bertempur sekitar subuh hari Senin (23/3) melawan suku-suku Sunni setempat ketika mereka mendekati Aden, di mana Presiden Hadi telah berlindung setelah melarikan diri dari ibukota, Sana'a, bulan lalu.

Juga hari Senin, Menteri Luar Negeri baru Yaman Riyadh Yasin meminta Dewan Kerjasama Teluk agar mengirim pasukan ke Yaman untuk mengekang perluasan milisi Houthi.

Berbicara dari Aden, Yasin meminta negara-negara Teluk agar bercampur tangan segera sebelum Houthi yang didukung oleh Iran mengambil alih lebih banyak wilayah.

Houthi yang bersekutu dengan Iran, yang telah setuju untuk berbagi kekuasaan dengan Hadi setelah mereka merebut ibukota bulan September lalu, mengambil alih kota Taiz di Yaman selatan hari Minggu. Taiz berjarak sekitar 180 kilometer arah barat laut dari Aden.

XS
SM
MD
LG