Tautan-tautan Akses

Presiden Yaman Desak Pemberontak Tarik Pasukan dari Ibukota


Demonstrasi anti-Houthi mendukung Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi di kota Ibb (21/3). (Reuters/Mohammed al-Moailme)

Demonstrasi anti-Houthi mendukung Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi di kota Ibb (21/3). (Reuters/Mohammed al-Moailme)

Hadi mendesak pemberontak agar menarik pasukan mereka keluar dari ibukota, Sana'a, dan kembali ke perundingan dialog nasional yang disponsor PBB.

Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi mengimbau pemberontak Syiah Houthi agar meninggalkan kantor-kantor kementerian pemerintah yang mereka duduki.

Presiden Hadi menyampaikan itu dalam pidato yang disiarkan televisi dan pidatonya yang pertama kepada rakyat Yaman sejak melarikan diri dari tahanan rumah bulan lalu.

Hadi mendesak pemberontak agar menarik pasukan mereka keluar dari ibukota, Sana'a, dan kembali ke perundingan dialog nasional yang disponsor PBB. Ia bertekad menancapkan bendera nasional Yaman di Saada, kubu Houthi di Yaman utara.

Hadi juga mengecam apa yang disebutnya "upaya kudeta" terhadapnya di Aden, kota utama di Yaman Selatan.

Beberapa hari lalu, pesawat tempur tak dikenal meluncurkan rudal ke istana presiden di Aden. Hadi tidak cedera dalam serangan itu.

Houthi, bersekutu dengan Iran, menguasai Sana'a September lalu dan mengepung kediaman Presiden Hadi Januari, membuatnya menjadi tahanan rumah kelompok itu sebelum melarikan diri ke Aden dalam upaya menegakkan kembali kekuasaannya di negara tersebut yang terpecah secara politik.

XS
SM
MD
LG