Tautan-tautan Akses

7 Anggota Pasukan Perdamaian PBB Tewas di Pantai Gading


Pasukan penjaga perdamaian PBB asal Perancis melakukan patroli di ibukota Abidjan (foto: dok).

Pasukan penjaga perdamaian PBB asal Perancis melakukan patroli di ibukota Abidjan (foto: dok).

Jurubicara PBB mengatakan setidaknya tujuh penjaga perdamaian dari Niger tewas dalam serangan di Pantai Gading barat, dekat perbatasan dengan Liberia.

Dalam pernyataan, utusan khusus PBB untuk Pantai Gading, Bert Koenders, mengutuk keras serangan mematikan hari Jumat itu terhadap pasukan penjaga perdamaian. Ia mengatakan, PBB akan mengambil semua tindakan yang diperlukan setelah, apa yang disebutnya, "pelanggaran berat hukum internasional."

Tentara itu bagian dari patroli dalam misi di kota Tai, wilayah di mana PBB baru-baru ini memperkuat kehadirannya karena ancaman serangan terhadap penduduk sipil. Tidak jelas yang menyerang patroli itu.

Sekjen PBB Ban Ki-moon menyatakan kemarahan atas pembunuhan itu. Kepada wartawan di New York, ia menyatakan khawatir terhadap sekitar 40 tentara yang tersisa di wilayah terpencil Pantai Gading. Pantai Gading mulai pulih dari kekerasan tahun lalu setelah Pemilu 2010 yang diperselisihkan.

Human Rights Watch memperingatkan awal pekan ini, pejuang yang setia pada mantan Presiden Pantai Gading Laurent Gbagbo menyerang Pantai Gading dari Liberia.

Dikatakan, sekitar 40 orang tewas dalam beberapa serangan lintas perbatasan sejak Juli. Gbagbo ditangkap April 2011 dan ditahan di Den Haag, Belanda sejak November atas tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan dalam perang guna mencegah pemenang Pemilu, Presiden Pantai Gading saat ini Alassane Ouattara, berkuasa.
XS
SM
MD
LG