Tautan-tautan Akses

PBB: 1.000 Orang Tewas di Pantai Gading Barat Selama Kerusuhan


Warga setempat ikut menyaksikan penggalian lokasi yang dijadikan kuburan massal korban kekerasan di ibukota Abidjan (5/5).

Warga setempat ikut menyaksikan penggalian lokasi yang dijadikan kuburan massal korban kekerasan di ibukota Abidjan (5/5).

Korban tewas itu akibat pertempuran selama 5 bulan antara pasukan yang setia kepada Laurent Gbagbo dan presiden terpilih, Alassane Ouattara.

PBB mengatakan sedikitnya 1.000 orang tewas di Pantai Gading Barat semasa lima bulan krisis politik di negara itu.

Seorang petugas HAM dari misi PBB di sana, Guillaume Ngefa, hari Kamis mengatakan sedikitnya 500 orang tewas di kota Duekoue. Angka itu adalah sekitar 300 lebih kecil dari yang dilaporkan oleh para petugas bantuan.

Sebagian pertempuran paling sengit terjadi di Duekoue ketika pasukan-pasukan yang setia kepada presiden Laurent Gbagbo dan presiden Alassane Ouattara berjuang memperebutkan kekuasaan. Para pejuang dari kedua pihak telah dituduh membunuh dan memperkosa warga sipil.

Krisis itu dimulai ketika Gbagbo, presiden yang masih berkuasa, menolak menerima kekalahan dari Ouattara dalam pemilu presiden bulan November. Kerusuhan berakhir pada bulan April, ketika pejuang pro-Ouattara menangkap Gbagbo dengan bantuan pasukan PBB dan Perancis.

XS
SM
MD
LG