Tautan-tautan Akses

Para Pekerja Kesehatan Afghanistan Diculik di Kandahar


Orang-orang bersenjata telah menculik sejumlah karyawan kementerian kesehatan di Afghanistan selatan.

Pihak berwenang Afghanistan mengatakan sekawanan pria bersenjata telah menculik sekelompok pegawai kementrian kesehatan di Afghanistan selatan. Kementrian Kesehatan Afghanistan meminta pembebasan para pegawai yang diculik di propinsi Kandahar pada hari Kamis tersebut.

Penculikan, pembunuhan dan pemboman oleh para pemberontak meningkat dalam bulan-bulan terakhir ini sementara pasukan NATO dan Afghanistan berusaha membersihkan Kandahar dari militan Taliban.

Di Kabul, NATO menyatakan pasukannya menangkap dua pemberontak yang memberi “ancaman langsung” terhadap sebuah konferensi internasional penting yang akan berlangsung di ibukota Afghanistan minggu depan.

Aliansi itu mengemukakan para fasilitator Taliban ditahan Rabu malam di sebuah kompleks di Kabul. Menurut NATO, salah satu tersangka terkait dengan sedikitnya 3 serangan bunuh diri.

Sementara itu, Presiden Afghanistan Hamid Karzai telah menyetujui rencana Amerika yang kontroversial untuk membentuk pasukan pertahanan setempat untuk membantu melawan pemberontakan Taliban.

Satuan kepolisian setempat tersebut, yang serupa dengan milisi kesukuan, akan beroperasi di desa-desa di daerah-daerah penting untuk membantu usaha-usaha oleh militer dan polisi biasa.

Karzai mengatakan pasukan itu akan berada di bawah pengawasan Kementerian Dalam Negeri. Pemimpin Afghanistan itu telah sejak lama menentang tekanan dari Washington untuk menciptakan satuan-satuan pertahanan itu, dengan mengungkapkan keprihatinan bahwa milisi-milisi setempat mungkin akan merongrong pemerintah pusat.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton dan para pejabat dari 70 negara lainnya akan bertemu di ibukota Afghanistan pada tanggal 20 Juli untuk membahas rencana yang dipimpin Afghanistan untuk meningkatkan pembangunan, pemerintahan dan kestabilan negara tersebut.

XS
SM
MD
LG