Tautan-tautan Akses

Panel Independen Desak Obama Kurangi Misi di Afghanistan


Para anggota militer AS tengah bertugas di Afghanistan.

Para anggota militer AS tengah bertugas di Afghanistan.

Presiden Barack Obama didesak mengurangi secara tajam misi militernya di Afghanistan jika tidak ada tanda-tanda kemajuan.

Sebuah panel independen mendesak Presiden Barack Obama untuk mengurangi secara tajam misi militernya di Afghanistan jika tidak ada tanda-tanda kemajuan.

Sebuah satuan tugas -- yang dibentuk Council on Foreign Relations, sebuah kelompok riset yang berkantor di Washington -- mengeluarkan sebuah laporan hari Jumat yang mendukung keputusan Obama tahun lalu untuk meningkatkan jumlah tentara Amerika di Afghanistan sebanyak 100.000 untuk memerangi kekuatan-kekuatan Taliban dan al Qaida, sementara melatih pasukan keamanan Afghanistan.

Pemerintahan Obama akan melakukan kajian seksama terhadap strategi perang AS di Afghanistan bulan depan.

Panel independen tersebut mengatakan, jika ada kemajuan, pemerintahan itu dapat melanjutkan rencananya untuk menarik mundur pasukan mulai Juli 2011. Namun para anggota panel mengatakan, jika usaha Amerika itu tidak menunjukkan hasil, penarikan pasukan yang lebih berarti dapat dibenarkan.

Panel itu mendesak Obama untuk mempertimbangkan tingginya biaya menjalankan misi itu sementara memutuskan apakah usaha misi itu berhasil.

XS
SM
MD
LG