Tautan-tautan Akses

Pada Peringatan Hari Kemerdekaan, Obama Berseru untuk Senantiasa Ingat “Keajaiban” Amerika


Presiden AS berbicara di antara Janelle Monae (Kanan) dan Kendrick Lamar dalam peringatan Hari Kemerdekaan AS. Gedung Putih, Washington D.C., AS. (foto: REUTERS/Yuri Gripas)

Presiden AS berbicara di antara Janelle Monae (Kanan) dan Kendrick Lamar dalam peringatan Hari Kemerdekaan AS. Gedung Putih, Washington D.C., AS. (foto: REUTERS/Yuri Gripas)

Dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan, Presiden AS, Barack Obama, mengatakan ada kebutuhan untuk menegaskan kembali tekad untuk memastikan semua orang di AS memilik peluang dan "kesempatan yang sama."

Presiden Barack Obama berkata pada hari Senin, bahkan ketika kita sedang merayakan Hari Kemerdekaan bangsa Amerika dengan hot dog dan kembang api, “penting untuk senantiasa ingat akan keajaiban negeri ini.”

Ia berbicara di Gedung Putih pada sebuah acara yang diisi dengan penampilan Janelle Monae dan Kendrick Lamar dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan AS.

“Betapa kita sangat beruntung di mana orang-orang dari generasi masa lalu, bersedia untuk mengangkat senjata dan berjuang untuk kemerdekaan kita. Dan orang-orang pada saat itu, dalam negeri ini, memahami adanya ketidaksempurnaan dalam kesatuan kita dan bersedia untuk terus berjuang untuk memperluas hak kemerdekaan pada semua orang dan tidak hanya untuk orang tertentu saja,” ujar Obama.

Hujan telah memaksa dibatalkannya acara piknik yang lebih besar dengan anggota militer beserta keluarga mereka untuk tahun kedua berturut-turut. Pertunjukan kembang api utama di Washington tetap berjalan sesuai jadwal, namun sulit untuk disaksikan oleh mereka yang berada di National Mall.

Obama, yang masa jabatannya akan berakhir di bulan Januari, mengatakan ada kebutuhan untuk menegaskan kembali tekad untuk memastikan semua orang di AS memiliki peluang dan “kesempatan yang sama.” Ia mengatakan negeri ini harus memberi perhatian pada para veteran militernya dan memastikan semua anak mendapatkan pendidikan yang pantas.

“Hal itulah yang harus kita usahakan sungguh-sungguh dalama mengisi Hari Kemerdekaan,” ujarnya.

Presiden menutup sambutannya dengan memimpin semua orang yang hadir di ruangan itu untuk menyanyikan lagu “Selamat Ulang Tahun” untuk Malia, putrinya, yang berulang tahun ke-18 hari Senin. [ww]

XS
SM
MD
LG