Tautan-tautan Akses

AS

Hari Ini HUT-ke 240 Kemerdekaan AS


Lukisan Penandatanganan Deklarasi Kemerdekaan karya John Trumbull yang dipajang di gedung Capitol, Washington DC.

Lukisan Penandatanganan Deklarasi Kemerdekaan karya John Trumbull yang dipajang di gedung Capitol, Washington DC.

Amerika Serikat merayakan hari ulang tahun kemerdekaan yang ke-240 dari Inggris hari Senin dengan hari libur nasional yang penuh dengan piknik, pawai dan kembang api di seluruh negara itu.

Presiden Barack Obama menjamu para keluarga militer pada acara makan yang menyuguhkan daging panggang di Gedung Putih dan konser Kendrick Lamar dan Janelle Monae. Kalau hujan yang diramalkan Senin malam tidak turun di Washington, mereka akan dapat menyaksikan dengan baik pertunjukan kembang api yang besar di lapangan nasional Washington di dekatnya.

Tetapi inti hari libur tersebut tidak jauh dari Gedung Putih dalam gedung arsip nasional. Di sinilah disimpan Proklamasi Kemerdekaan yang ditulis oleh Thomas Jefferson dan disetujui oleh Kongres tanggal 4 Juli tahun 1776.

“Kami meyakini kebenaran ini sudah terbukti dengan jelas, bahwa semua orang diciptakan sederajad, bahwa mereka dianugerahi penciptanya hak-hak tertentu yang tidak dapat diganggu-gugat, bahwa diantara hak ini adalah kehidupan, kebebasan dan usaha mencapai kebahagiaan,” kata proklamasi tersebut, yang merupakan azas penegakan negara Amerika Serikat. [gp]

XS
SM
MD
LG