Tautan-tautan Akses

Oposisi Ukraina Terus Tekankan Tuntutan


Demonstran berdiri di belakang barikade polisi anti huru-hara di Kiev, Ukraina, 25 Januari 2014.

Demonstran berdiri di belakang barikade polisi anti huru-hara di Kiev, Ukraina, 25 Januari 2014.

Ketika berbicara dimuka kelompok besar demonstran di Lapangan Kemerdekaan di Kyiv, Arsenij Yatsenjuk mengatakan, pihak oposisi tidak takut untuk menerima lebih banyak tanggung-jawab politik, tapi katanya, Presiden Yanukovich masih harus memenuhi beberapa tuntutan penting mereka.

Pihak oposisi Ukraina menyatakan akan melanjutkan protes meskipun Presiden Viktor Yanukovych menawarkan akan mengangkat dua pemimpin teras oposisi untuk jabatan-jabatan penting di pemerintahan.

Para pemimpin oposisi menyatakan akan melanjutkan demonstrasi hingga dipenuhinya seruan mereka untuk pemilu dini, pembebasan demonstran yang ditahan dan pembatalan undang-undang anti demonstrasi.

Sebelumnya, hari Minggu, ribuan demonstran berkumpul di Kiev untuk berkabung bagi seorang demonstran berusia 25 tahun yang ditembak mati dalam bentrokan pekan lalu.

Juga sebelumnya, di Lapangan Kemerdekaan Kiev, Arseniy Yatsenyuk mengatakan kepada massa demonstran bahwa oposisi “tidak takut” menerima tanggungjawab politik lebih besar. Namun, katanya, Presiden Yanukovych masih harus memenuhi beberapa tuntutan kunci dari oposisi dan bahwa pembicaraan akan dilanjutkan.

Yanukovych telah menawarkan jabatan perdana menteri kepada Yatsenyuk, dan jabatan deputi perdana menteri kepada mantan petinju Vitaly Klitschko. Langkah tersebut muncul sehari setelah presiden setuju untuk merombak pemerintahannya dan mengubah undang-undang antidemonstrasi baru yang kontroversial.

Klitschko bergabung dengan Yatsenyuk, Sabtu, dengan mengatakan Yanukovych telah menyetujui tuntutan oposisi, termasuk membebaskan demonstran yang ditahan dan membatalkan perubahan terhadap konstitusi baru-baru ini. Klitschko mengatakan, protes tidak akan berhenti sebelum semua tuntutan dipenuhi.

Oposisi telah melancarkan demonstran antipemerintah selama dua bulan yang menuntut agar Presiden Yanukovych dan Perdana Menteri Mykola Azarov meletakkan jabatan.
XS
SM
MD
LG