Tautan-tautan Akses

Demonstran Ukraina Perkuat Barikade di Alun-alun Ibukota


Kemah para demonstran anti-pemerintah di Lapangan Kemerdekaan di pusat kota Kyiv (24/1).
Kemah para demonstran anti-pemerintah di Lapangan Kemerdekaan di pusat kota Kyiv (24/1).

Demonstran oposisi Ukraina membangun lebih banyak barikade di alun-alun di ibukota, Jumat pagi (24/1), setelah pembicaraan larut malam dengan pemerintah gagal memberi hasil yang diinginkan..

Pemimpin oposisi dan mantan petinju Vitaly Klitschko mengatakan pembicaraan selama beberapa jam antara dirinya, pemimpin oposisi lainnya, dan Presiden Viktor Yanukovych tidak membuahkan hasil.

Orang-orang yang berkemah di Lapangan Kemerdekaan Kyiv memperluas lokasi protes mereka Jumat pagi (24/1), meskipun gencatan senjata rapuh yang disebut sehari sebelumnya terus bertahan. Salah satu pengunjuk rasa, bernama Alexander, mengatakan barikade yang baru itu diperlukan, setelah terjadi beberapa hari kekerasan.

Sedikitnya tiga pengunjuk rasa tewas, Rabu (22/1) dalam bentrokan dengan polisi anti huru hara.

Human Rights Watch mengatakan Jumat (24/1) tidak ada yang bisa membenarkan aksi pemukulan dan "penyiksaan" yang dilakukan oleh polisi. HRW menyerukan diadakannya penyelidikan menyeluruh atas insiden tersebut.

Sementara itu, demonstrasi menyebar hari Kamis ke luar ibukota ke beberapa daerah lain di Ukraina barat, dengan pengunjuk rasa menyerbu kantor-kantor pemerintah di kota-kota Cherkasy dan Lviv.
XS
SM
MD
LG