Tautan-tautan Akses

Obama Ajukan Warga AS Kelahiran Korea untuk Capres Bank Dunia


Presiden Barack Obama mencalonkan Jim Yong Kim sebagai Presiden Bank Dunia (23/3).

Presiden Barack Obama mencalonkan Jim Yong Kim sebagai Presiden Bank Dunia (23/3).

Presiden Amerika Barack Obama mencalonkan Jim Yong Kim, warga Amerika kelahiran Korea yang saat ini menjabat sebagai rektor Dartmouth College, untuk memimpin Bank Dunia.

Kim, berusia 52 tahun, adalah pilihan Amerika yang mengejutkan untuk mengisi jabatan tertinggi di lembaga keuangan internasional tersebut.

Presiden Obama hari Jumat (23/3) mengatakan Kim berkualitas baik dan simbol keragaman rakyat Amerika, dengan keahlian yang luas dalam bidang kesehatan di dunia.

Jika dikukuhkan dewan Bank Dunia, Kim akan menggantikan Robert Zoellick, yang baru-baru ini mengumumkan pengunduran dirinya selepas masa jabatannya, akhir Juni mendatang. Selama ini, yang dipilih menjadi pemimpin Bank Dunia selalu warga Amerika, tapi calon dari Amerika kali ini akan menghadapi tantangan cukup berat.

Negara-negara berkembang menyatakan tertarik mengisi posisi itu dengan calon dari luar Amerika. Hari Jumat, Angola, Nigeria, dan Afrika Selatan mencalonkan Menteri Keuangan Nigeria Ngozi Okonjo-Iweala, pakar ekonomi dan diplomat, sebagai pilihan mereka.

Pemimpin Bank Dunia seringkali berlatarbelakang bisnis atau perbankan. Tapi Presiden Obama mengungkap latarbelakang Kim sebagai dokter dan antropolog menjadi kunci mandat untuk memimpin upaya Bank Dunia memerangi kemiskinan dan penyakit.

Kim pindah ke Amerika bersama keluarganya ketika ia berusia lima tahun dan besar di Iowa. Ia menjadi rektor Dartmouth College, universitas bergengsi di negarabagian New Hampshire, sejak Juli 2009.

Amerika adalah pendukung dana utama Bank Dunia, beranggota 187 negara. Bank Dunia berfokus pada pemberantasan kemiskinan dunia dan mempromosikan pembangunan. Berbasis di Washington, lembaga itu memberi pinjaman kepada negara-negara yang hendak membangun infrastruktur dengan bendungan, jalan dan proyek-proyek baru lain.

XS
SM
MD
LG