Tautan-tautan Akses

Gubernur Bank Sentral AS: Ekonomi Amerika Masih Goyah


Gubernur Bank Sentral AS atau Federal Reserve, Ben Bernanke.
Gubernur Bank Sentral AS atau Federal Reserve, Ben Bernanke.

Gubernur bank sentral mengatakan pasar tenaga kerja Amerika masih jauh dari normal, bahkan setelah lapangan kerja mengalami kenaikan selama beberapa bulan.

Tingkat pengangguran perekonomian terbesar di dunia ini turun menjadi 8,3 persen sebelumnya tahun ini, dan 1,2 juta pekerjaan telah ditambahkan dalam 6 bulan terakhir.

Namun, pemimpin Bank Sentras AS atau Federal Reserve, Ben Bernanke, memberitahu sekelompok ekonom bisnis hari Senin bahwa perekonomian Amerika harus tumbuh lebih cepat dari laju saat ini agar angka pengangguran itu terus turun.

Katanya Amerika masih belum yakin bahwa peningkatan dalam penerimaan karyawan akan terus berlanjut. Menurut Bernanke, kenaikan itu mungkin mencerminkan bahwa perusahaan menghapus terlalu banyak lapangan kerja pada tahun 2008 dan 2009, masa puncak resesi. Dia mencatat bahwa tingkat pengangguran masih di atas angka normal untuk Amerika, yaitu 5 persen.

Bank sentral Amerika menyatakan berencana untuk mempertahankan suku bunga acuan yang mendekati nol sampai tahun 2014. Kata Bernanke, kebijakan bank yang terus mengakomodasi dapat ikut mendukung pertumbuhan ekonomi Amerika.

XS
SM
MD
LG