Tautan-tautan Akses

Gedung Putih Saring Daftar Calon Presiden Bank Dunia


Kantor Pusat Bank Dunia di Washington DC (Foto: dok).

Kantor Pusat Bank Dunia di Washington DC (Foto: dok).

Senator Amerika John Kerry dan Duta besar Amerika di Perserikatan Bangsa Bangsa Susan Rice dilaporkan telah disebut sebagai kemungkinan calon untuk memimpin Bank Dunia.

Indra Nooyi, ketua dan CEO perusahaan pembuat minuman ringan PepsiCo, juga dikatakan termasuk dalam daftar singkat para calon yang dikumpulkan oleh pemerintahan Obama untuk menggantikan Presiden Bank Dunia Robert Zoellick. Zoellick akan meletakkan jabatan ketika masa jabatannya berakhir bulan Juni.

Seorang juru bicara Kerry mengatakan Kerry belum dihubungi mengenai jabatan di Bank Dunia itu, dan ia tidak akan berminat.

Berdasarkan persetujuan tidak resmi yang berlaku sejak Perang Dunia Kedua, Amerika Serikat biasanya memilih presiden Bank Dunia, sementara orang Eropa dipilih untuk memimpin Dana Moneter Internasional (IMF).

Tetapi negara-negara ekonomi kuat yang baru, khususnya yang tergabung dalam BRICS (Brazil, Rusia, India, Tiongkok dan Afrika Selatan), telah meminta diadakan proses yang lebih terbuka untuk mengidentifikasi calon yang memenuhi syarat dari berbagai negara.

Para pejabat Bank Dunia menerima nominasi untuk pengganti Zoellick sampai tanggal 23 Maret.

XS
SM
MD
LG