Tautan-tautan Akses

AS

Mayoritas Warga AS Nilai Snowden Bukan Pengkhianat


Sebuah jajak pendapat mendapati lebih banyak warga AS (55 persen) yang menilai Edward Snowden bukanlah seorang pengkhianat (foto: dok).

Sebuah jajak pendapat mendapati lebih banyak warga AS (55 persen) yang menilai Edward Snowden bukanlah seorang pengkhianat (foto: dok).

Jajak pendapat Universitas Quinnipiac mendapati 55 persen warga AS melihat Edward Snowden sebagai seorang 'whistleblower' atau pengungkap kasus.

Jajak pendapat baru mengungkapkan, mayoritas warga Amerika beranggapan bahwa mantan pegawai kontrak Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA) Edward Snowden yang membocorkan program rahasia pengintaian intelijen AS adalah seorang “whistleblower” atau pengungkap kasus, dan bukan seorang pengkhianat.

Jajak pendapat Universitas Quinnipiac yang diterbitkan hari Rabu mendapati bahwa 55 persen warga yang disurvei melihat Edward Snowden sebagai seorang “whistleblower” atau pengungkap kasus, sementara 34 persen mengatakan ia adalah pengkhianat.

Warga Amerika terbagi dua soal apakah upaya-upaya kontra-terorisme pemerintah itu keterlaluan atau tidak dalam membatasi kebebasan sipil sebagai bagian dari perang melawan terorisme. Empat puluh lima persen warga yang disurvei mengatakan pemerintah telah bertindak terlalu jauh, 40 persen lainnya mengatakan tidak.

Jajak pendapat ini berbeda dengan survei Quinnipiac pada bulan Januari 2010 lalu, ketika hampir dua per tiga warga yang disurvei mengatakan kegiatan-kegiatan pemerintah tidak cukup untuk melindungi Amerika.
XS
SM
MD
LG