Tautan-tautan Akses

AS

Obama Bergurau di Acara Makan Malam Tahunan


Presiden AS Barack Obama (foto: dok).

Presiden AS Barack Obama (foto: dok).

Presiden AS Barack Obama bergurau dalam acara makan malam tahunan di Gridiron Club & Foundation, Sabtu (14/3) malam.

Usia akan mengubah seseorang – demikian ujar Presiden Barack Obama – yang juga mengakui bahwa ia kini semakin sering rewel.

“Minggu depan saya akan menandatangani sebuah perintah eksekutif untuk keluar dari halaman saya”, gurau Obama dalam acara makan malam di Gridiron Club & Foundation – acara tahunan di mana tokoh-tokoh penting Washington berkumpul dan melihat bagaimana panglima mereka bergurau dalam suasana santai.

Gurauan yang disampaikan Presiden Obama menarik perhatian lebih dari 650 wartawan, anggota Kongres, pejabat-pejabat pemerintahan dan militer yang ikut menghadiri pertemuan Gridiron yang ke 130 itu, Sabtu (14/3) malam. Menurut tradisi, dalam acara itu tokoh-tokoh penting Washington akan mengesampingkan perbedaan untuk menikmati acara dengan canda dan pengumpulan dana.

Selain Presiden Obama, ikut tampil pula Gubernur Wisconsin Scott Walkter dan Gubernur Virginia Terry McAuliffe yang menyampaikan gurauan mewakili Partai Republik dan Partai Demokrat. Walker diperkirakan akan bertarung untuk meraih nominasi presiden dari Partai Republik, sementara sebagai ketua Partai Demokrat McAuliffe memiliki hubungan dengan dekat Bill dan Hillary Clinton.

Obama mengolok-olok dirinya sendiri dengan mengatakan “beberapa tahun lalu saya tidak bisa membayangkan akan mencapai usia 50 tahun. Dan melihat tingkat kepopuleran saya sekarang ini, saya masih belum bisa membayangkannya”.

Obama juga mengusik Scott Walker – yang baru-baru ini menyatakan tidak tahu apakah Obama beragama Kristen atau tidak – dengan mengatakan agamanya mengajarkan pengampunan, “jadi Gubernur Walker – assalamualaikum”.

McAuliffe melanjutkan gurauan itu dengan menyebut ambisi Hillary Clinton. “Jika Hillary memutuskan untuk tidak bertarung, saya memutuskan untuk tidak mengakhiri gurauan ini”, ujar McAuliffe.

The Gridiron Club & Foundation didirikan tahun 1885 dan setelah kehadiran Grover Cleveland, semua presiden telah datang ke acara makan malam tahunan yayasan ini – setidaknya satu kali. Presiden Obama sebelumnya telah menghadiri acara ini pada tahun 2011 dan 2013.

XS
SM
MD
LG