Tautan-tautan Akses

AS

Obama: AS Ingin Jadi Negara Seperti Apa?


Presiden AS Barack Obama menyampaikan pidato mingguannya di Gedung Putih (31/1).

Presiden AS Barack Obama menyampaikan pidato mingguannya di Gedung Putih (31/1).

Ia bertanya apakah rakyat menginginkan sebuah ekonomi di mana hanya segolongan kecil benar-benar kaya, atau sebuah ekonomi di mana setiap orang yang bekerja keras punya peluang untuk maju.

Presiden Barack Obama mengatakan kini waktunya untuk menentukan seperti apa Amerika nantinya.

Obama mengajukan pertanyaan ini kepada publik Sabtu (31/1) dalam pidato mingguannya. Ia bertanya apakah rakyat menginginkan sebuah ekonomi di mana hanya segolongan kecil benar-benar kaya, atau sebuah ekonomi di mana setiap orang yang bekerja keras punya peluang untuk maju.

Presiden mengatakan, ia mengirim sebuah rencana anggaran ke Kongres yang didasarkan pada “ide bahwa negara ini mencapai yang terbaik apabila setiap orang punya peluang yang adil, setiap orang menyumbang, dan setiap orang dikenakan perangkat aturan yang sama.”

Katanya, anggaran yang diusulkannya akan menghapus kemudahan-kemudahan bagi kelompok tertentu dalam kode perpajakan dan penghematan yang dihasilkan bisa dimanfaatkan untuk potongan pajak bagi kelas menengah serta memberi insentif kepada bisnis yang melakukan investasi di Amerika.

Obama sadar bahwa beberapa anggota Partai Republik akan menentang pendekatannya, tetapi seandainya mereka punya ide-ide untuk membantu kelas menengah, ia bersedia bekerjasama dengan mereka.

XS
SM
MD
LG