Tautan-tautan Akses

AS

Obama: Bayang-bayang Krisis Ekonomi Telah Berlalu


Presiden Barack Obama memberikan pidato kenegaraan di depan Kongres di Gedung Capitol Hill (20/1). (AP/Pablo Martinez Monsivais)

Presiden Barack Obama memberikan pidato kenegaraan di depan Kongres di Gedung Capitol Hill (20/1). (AP/Pablo Martinez Monsivais)

Obama menyerukan langkah-langkah untuk membantu kelas menengah, termasuk proposal yang sangat tidak disukai Partai Republik yaitu pajak yang lebih tinggi bagi orang-orang kaya.

Presiden Amerika Barack Obama menyampaikan pidato kenegaraannya dengan pernyataan tegas bahwa “bayang-bayang krisis telah berlalu dan situasi negara kuat."

Fokus utama Presiden Obama adalah ekonomi Amerika.

Obama menyerukan langkah-langkah untuk membantu warga kelas menengah Amerika, termasuk proposal yang sangat tidak disukai Partai Republik yaitu pajak yang lebih tinggi bagi orang-orang kaya.

Dengan menekankan “pertumbuhan ekonomi dan berkurangnya defisit” serta keberhasilan dalam industri dan energi, Presiden Obama mengatakan Amerika telah “bangkit dari resesi” dengan kebebasan untuk menentukan masa depannya sendiri.

Ia mengatakan “keputusan sangat jelas” bahwa ekonomi kelas menengah merupakan sebuah kebijakan yang berhasil. Ia menambahkan “negara melakukan yang terbaik jika semua orang mendapat kesempatan yang adil”.

Presiden Obama ingin menggunakan pendapatan yang diperoleh dari pajak yang lebih tinggi bagi orang-orang terkaya Amerika untuk membiayai keringanan pajak bagi kelas menengah dan membuat perguruan tinggi bebas biaya.

Ia mengatakan anggarannya, yang akan diserahkan ke Kongres dalam dua minggu juga akan membantu rakyat memperoleh layanan anak, kesehatan, tempat tinggal dan pensiun, dan meringankan pajak mereka serta mengembalikan dana ribuan dolar kepada mereka setiap tahun.

Tapi proposal Obama tampaknya tidak akan disahkan Kongres baru yang didominasi Partai Republik. Ketika Obama memaparkan sebagian proposalnya dalam beberapa hari terakhir, pihak Republik menyerangnya dengan tajam, dengan menyebut kenaikan pajak itu terlalu tingi. Pihak Republik mengatakan pajak yang lebih tinggi akan menghambat kemajuan ekonomi Amerika, yang merupakan terbesar di dunia.

Dalam pidatonya Selasa, Obama juga meminta kepada anggota Kongres untuk menaikkan upah minimum dan memastikan kesetaraan upah bagi perempuan.

Ia mendesak Kongres untuk memberinya kewenangan untuk mempromosikan perdagangan bagi kesepakatan-kesepakatan dagang baru mulai dari Asia sampai Eropa.

Ia mempromosikan investasi dalam infrastruktur, sains, tehnologi, riset dan pengembangan dengan mengatakan ia ingin rakyat Amerika “memenangkan persaingan untuk berbagai penemuan yang membuka lapangan kerja baru”.

XS
SM
MD
LG