Tautan-tautan Akses

Nicki Minaj, Keith Urban, Juri Baru American Idol


Pembawa acara "American Idol" Ryan Seacrest (tengah), berpose dengan (kiri ke kanan) Mariah Carey, Keith Urban, Nicki Minaj dan Randy Jackson. (AP Photo/Fox, Michael Becker)

Pembawa acara "American Idol" Ryan Seacrest (tengah), berpose dengan (kiri ke kanan) Mariah Carey, Keith Urban, Nicki Minaj dan Randy Jackson. (AP Photo/Fox, Michael Becker)

Musim ke-12 American Idol membawa wajah-wajah baru sebagai juri untuk mengatasi kompetisi dari acara-acara lain.

Juri kompetisi menyanyi populer “American Idol” akhirnya komplet dengan dipilihnya penyanyi/rapper Nicki Minaj dan penyanyi country Keith Urban.

Jaringan televisi Fox secara resmi mengumumkan nama keduanya Minggu (16/9), menegaskan gosip seputar mereka hanya beberapa jam sebelum putaran pertama audisi untuk musim kompetisi berikutnya dimulai di New York.

Minaj mendapat US$12 juta untuk kontrak satu tahun, menurut sumber dalam industri musik pada kantor berita Associated Press Minggu. Perwakilan untuk Urban tidak mau menyebutkan berapa bayaran penyanyi tersebut.

Pengumuman Fox juga menegaskan status Randy Jackson. Musisi/produser tersebut tetap menjadi juri asli satu-satunya, menepis kabar burung bahwa ia memainkan peran berbeda dalam kompetisi tersebut.

Trio ini akan bergabung dengan Mariah Carey dalam panel juri yang dalam beberapa tahun terakhir bertambah menjadi empat orang, dari tiga orang dalam formasi awal. AP melaporkan pada Juli bahwa Carey mendapat $18 juta untuk kontrak satu tahun yang dapat diperbarui.

Tiba di Lincoln Center, New York, tempat berlangsungnya audisi, Urban menyebut “Idol” memiliki “sejarah hebat dalam menghasilkan bintang-bintang besar.”

Sebagai juri “Idol,” ia mengatakan akan bersikap “otentik” namun tidak kejam.
“Saya sempat mengikuti acara yang sama saat masih sangat muda di Australia,” kenangnya. “Saat itu salah satu juri sangat menyerang saya. Jadi saya tidak tahu apakah saya akan menjadi orang seperti itu.”

Minaj mengatakan bahwa selama audisi ia akan mencari “superstar,” yaitu seseorang yang “tidak dapat didefinisikan dengan kata-kata.”

Jackson mengatakan sepasang juri baru ini mengembuskan angin segar pada “Idol.” Minaj membawa suasana “asyik” yang tidak pernah ada dalam acara tersebut, sementara Urban amat sangat berbakat, ujar Jackson.

Ketika Carey ditanya apakah ia menantikan berita siapa yang akan menjadi sesama juri, ia bergurau bahwa “yang saya pedulikan hanya diri saya sendiri.” Ia bergegas menambahkan, “saya hanya bercanda.”

Dengan nada serius, ia mengatakan bahwa ia tidak tahu akan menjadi juri seperti apa.

“Apakah saya juri yang kejam? Atau yang lembut hati? Ini bukan tentang saya, saya dan saya. Ini tentang mereka, para kontestan, dan apa yang bisa saya bawa untuk mereka, untuk membantu mereka ke arah yang benar,” ujar Carey.

Ryan Seacrest akan tetap menjadi pembawa acara dalam musim ke-12 yang mulai ditayangkan Januari.

“Tadi malam, kami berkesempatan berkumpul untuk pertama kalinya sebagai satu grup,” ujar Seacrest.

“Semua bersulang dan kami membahas betapa menyenangkannya ada di sini, dan mengapa mereka di sini. Sebuah awal yang baik.”

Seacrest mengatakan bahwa “panel juri ini serius dan jelas beragam,” seraya menambahkan, “Anda dapat melihat dari para juri, kekuatan semacam apa yang dimiliki acara ini.”

Panel juri sempat naik turun sejak penyanyi Steven Tyler dan Jennifer Lopez mengumumkan mereka keluar dari acara tersebut Juli lalu. Carey kemudian dikontrak setelahnya.

“Saya senang dengan kelompok juri baru ini,” ujar Mike Darnell, presiden Alternatif Entertainment di Fox. “Dengan bintang tak tertandingi seperti Mariah, juri dengan banyak penggemar seperti Randy, penyanyi yang memiliki banyak hit seperti Nicki dan Keity, serta pembawa acara yang tak terbandingkan seperti Ryan, kita telah membentuk panel juri yang paling mengasyikkan.”

"Idol" mencari wajah-wajah baru untuk mendongkrak acara yang tetap teratas namun mendapati penonton dan pemerhati budaya pop menurun pada musim-musim terakhir karena kompetisi dari acara serupa. Selain “The X Factor” yang juga ada di Fox, yang baru saja mengontrak Britney Spears dan Demi Lovato sebagai juri, ada juga “The Voice” di NBC, dengan nama besar seperti Christina Aguilera dan Adam Levine. (AP/Frazier Moore)
XS
SM
MD
LG