Tautan-tautan Akses

Negara Kuat Dunia, Iran Lanjutkan Perundingan Nuklir


Media berkumpul di depan Hotel Coburg di Wina, Austria, tempat pembicaraan nuklir antara Iran dan negara-negara kuat dunia.

Media berkumpul di depan Hotel Coburg di Wina, Austria, tempat pembicaraan nuklir antara Iran dan negara-negara kuat dunia.

para perunding akan bekerja melewati batas waktu hari Selasa (30/6), dalam usaha mencapai persetujuan terakhir yang hendak mengekang kegiatan nuklir Iran

Negara-negara kuat dunia dan Iran kembali melanjutkan pembicaraan nuklir, dan babak ini kemungkinan adalah yang menentukan.

Setelah diplomasi internasional selama hampir 10 tahun, para perunding akan bekerja melewati batas waktu hari Selasa (30/6), dalam usaha mencapai persetujuan terakhir yang hendak mengekang kegiatan nuklir Iran selama 10 tahun dan menempatkan puluhan milyar dolar kembali ke dalam ekonomi Iran melalui pelonggaran sanksi keuangan.

Namun hambatan signifikan masih tetap ada.

Iran mengatakan pihaknya tidak akan mengizinkan para inspektur meninjau sarana militer dan mewawancarai para ilmuwan untuk memastikan pematuhan Iran.

Ayatollah Ali Khamenei, pemimpin tertinggi Iran, juga mengatakan ia menghendaki semua sanksi ekonomi dicabut sebelum persetujuan ditandatangani. Sementara itu, Amerika, Inggris, Perancis, China, Jerman dan Rusia masih harus menyepakati di antara mereka – dan kemudian dengan Iran – mengenai jadwal pengurangan sanksi yang lebih lambat dan rencana memberlakukannya kembali jika Iran kedapatan menipu.

Sementara itu, Israel mengancam kemungkinan pengambilan tindakan militer untuk menghancurkan infrastruktur nuklir Iran dan kerajaan Sunni Arab Saudi mempertimbangkan program atomnya sendiri untuk mengimbangi tetangga Syiah-nya.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG