Tautan-tautan Akses

AS

NBA Pilih LeBron James Sebagai MVP


LeBron James (6) dan teman satu tim Miami Heat, Dwyane Wade (3) dalam salah satu pertandingan. (Foto: Dok)

LeBron James (6) dan teman satu tim Miami Heat, Dwyane Wade (3) dalam salah satu pertandingan. (Foto: Dok)

Untuk keempat kalinya dalam lima tahun, pemain bola basket LeBron James dari klub Miami Heat terpilih menjadi pemain paling bernilai (MVP).

Pemain depan klub NBA Miami Heat LeBron James dinamakan pemain paling bernilai (MVP) oleh asosiasi bola basket nasional di AS itu untuk musim 2012-2013, Minggu (5/5).

James menerima 120 suara dari panel beranggotakan 121 penulis dan pembawa berita olahraga yang diseleksi untuk memilih penerima penghargaan tersebut. Kevin Durant dari Oklahoma mendapat posisi kedua sementara Carmelo Anthony dari New York Knicks mendapat peringkat ketiga.

Untuk keempat kalinya dalam lima tahun, James yang berusia 28 tahun tersebut mendapatkan penghargaan individual paling prestisius dalam cabang olahraga ini.

“Saat orang bertanya, saya katakan pada mereka saya hanya mencoba menjadi pemain terbaik di lapangan setiap malam saya menjejakkan kaki saya ke lantai,” ujar James.

Hanya empat pemain lain -- Kareem Abdul-Jabbar, Michael Jordan, Bill Russell dan Wilt Chamberlain – yang telah mendapatkan penghargaan tersebut sedikitnya empat kali. Abdul-Jabbar memegang rekor dengan meraih enam penghargaan, sementara Jordan dan Russell lima kali.

James, yang memenangkan penghargaan tersebut dua kali saat masih main bersama Cleveland Cavaliers sebelum pindah ke Miami, memiliki data rata-rata 26,8 poin; 8,0 rebound dan 7,3 assist selama musim reguler 2012-2013, dan Heat menutup musim dengan rekor terbaik di NBA.

James merupakan pemain satu-satunya di NBA yang membawa timnya dalam keseluruhan tiga kategori dalam musim tersebut.

Saat menerima penghargaan Minggu, James berterima kasih pada kawan-kawan satu tim, yang menurutnya pantas mendapatkan penghargaan itu.

"Tidak mungkin saya mendapat penghargaan ini tanpa bantuan dan pengorbanan ke-14 pemain lain,” ujarnya.

"Ini tidak berarti banyak untuk saya. Dengan rendah hati dan gembira saya menerima penghargaan ini, namun saya berharap ada 15 orang yang menerimanya karena sekelompok orang hebat inilah yang memungkinkan saya menjadi MVP,” ujarnya.
XS
SM
MD
LG