Tautan-tautan Akses

Militer Pakistan Gempur Persembunyian Militan


Militar Pakistan menyerang tempat-tempat persembunyian militan di Pakistan Baratlaut (foto: dok).

Militar Pakistan menyerang tempat-tempat persembunyian militan di Pakistan Baratlaut (foto: dok).

Jet-jet tempur Pakistan hari Kamis (24/4) membombardir tempat-tempat persembunyian militan di Baratlaut negara itu, menewaskan sedikitnya 37 tersangka militan.

Sumber-sumber militer mengatakan kepada wartawan serangan pagi hari di kawasan kesukuan Khyber itu dilangsungkan setelah laporan-laporan intelijen menunjukkan bahwa teroris yang terlibat dalam serangan-serangan baru-baru ini di Pakistan bersembunyi di kawasan tersebut.

Belum ada konfirmasi terhadap klaim militer itu.

Serangan udara itu berlangsung hanya beberapa hari setelah kelompok Taliban Pakistan atau Tehrik-e-Taliban, mengumumkan tidak akan memperbarui gencatan senjata yang dimulai tanggal 1 Maret lalu.

Selama gencatan senjata itu, kekerasan yang dilancarkan militan tampak berkurang, sementara para perunding pemerintah dan pemimpin Taliban berpartisipasi dalam satu putaran pembicaraan langsung.

Di kawasan lain di Pakistan, para pejabat mengatakan pembom bunuh diri menewaskan seorang pejabat senior kepolisian dan tiga orang lain, Kamis, di Karachi.

Belum ada yang mengaku bertanggungjawab atas serangan yang terjadi dekar sebuah pasar sayur di kota pelabuhan di Pakistan selatan itu.

Para pejabat kepolisian mengatakan, pejabat yang dibunuh itu, Shafiq Tanoli, secara aktif menarget militan dan telah lolos percobaan-percobaan pembunuhan sebelumnya.
XS
SM
MD
LG