Tautan-tautan Akses

Militan Somalia Diinterogasi dalam Kapal Perang AS


Anggota kelompok militan Al-Shabab melakukan latihan militer di pinggiran Mogadishu, Somalia (foto: dok.).

Anggota kelompok militan Al-Shabab melakukan latihan militer di pinggiran Mogadishu, Somalia (foto: dok.).

Ahmed Abdulkadir Warsame diinterogasi di laut oleh pejabat intelijen AS karena hubungannya dengan kelompok al-Shabab dan al-Qaida Yaman.

Para pejabat Amerika mengatakan seorang pria Somalia yang dituduh mempunyai hubungan dengan kelompok-kelompok militan Islamis diinterogasi selama hampir dua bulan di dalam sebuah kapal perang Amerika dan sekarang di New York untuk menghadapi tuduhan terorisme.

Para pejabat mengatakan Ahmed Abdulkadir Warsame diinterogasi di laut oleh pejabat intelijen karena hubungannya dengan kelompok militan al-Shabab yang berbasis di Somalia dan al-Qaida yang berbasis di Yaman di Semenanjung Arab.

Mereka mengatakan Warsame memberi informasi intelijens yang penting mengenai hubungan antara kedua kelompok tadi.

Setelah interogasi selesai, para pejabat Amerika mengatakan satu kelompok interogasi lain datang dan mulai menanyai Warsame lagi dengan cara yang dapat digunakan di pengadilan. Para peng-interogasi memberitahu Warsame mengenai haknya berdasarkan undang-undang Amerika untuk tetap diam dan mempunyai kuasa hukum, tetapi para pejabat mengatakan Warsame terus memberi kerjasama.

Kasus itu memberi pemahaman mengenai cara Amerika berencana meng-interogasi para tahanan sekarang karena pemerintahan Obama telah menutup jaringan penjara rahasia CIA.

Para pejabat mengatakan Ahmed Abdulkadir Warsame akan diadili dalam pengadilan sipil.

XS
SM
MD
LG