Tautan-tautan Akses

DPR Somalia Setujui Ekonom AS sebagai Perdana Menteri Baru


PM baru Somalia, Abdiweli Mohamed Ali dalam konferensi pers di Mogadishu (23/6).

PM baru Somalia, Abdiweli Mohamed Ali dalam konferensi pers di Mogadishu (23/6).

Abdiweli Mohamed Ali adalah warga negara Amerika dan meraih gelar Doktor di bidang ekonomi dari Universitas George Mason di Virginia.

Anggota DPR Somalia telah menyetujui Abdiweli Mohamed Ali seorang ekonom Amerika keturunan Somalia sebagai perdana menteri baru negara itu.

Ketua DPR Sharif Hassan Sheik Aden mengatakan anggota DPR menyetujui Ali hari Selasa dengan suara 437 lawan empat dan dua suara abstain.

Ali yang langsung diambil sumpahnya setelah persetujuan itu mengatakan akan memusatkan perhatian melawan teroris dan menjalankan pemerintahan yang baik. Perdana Menteri baru itu mengatakan pemerintah akan melakukan rekonsiliasi nasional dan melakukan lebih banyak lagi guna mengatasi masalah-masalah kemanusiaan.

Ali juga menegaskan bahwa ia akan membentuk pemerintah baru secepatnya.

Seperti pendahulunya Mohamed Abdullahi Mohamed, Ali memegang kewarganegaraan ganda sebagai warga negara Amerika dan Somalia. Ia meraih gelar Master administrasi publik dari Universitas Harvard, serta Doktor dalam bidang ekonomi dari Universitas George Mason. Sebelumnya Ali menjadi pengajar ekonomi di Universitas Niagara, negara bagian New York.

Mohamed diberhentikan awal bulan ini lewat kesepakatan antara ketua DPR dan Presiden Sheikh Sharif Ahmed.

XS
SM
MD
LG