Tautan-tautan Akses

Microsoft Akan Beli LinkedIn Senilai $26,2 Miliar

  • Associated Press

Proses penjualan langsung saham LinkedIn di lantai Bursa Saham New York (13/6). (AP/Richard Drew)

Proses penjualan langsung saham LinkedIn di lantai Bursa Saham New York (13/6). (AP/Richard Drew)

Microsoft juga akan mencari jalan untuk menggabungkan perangkat-perangkat lunak untuk pekerja dengan informasi yang disimpan dalam jaringan profesional daring pada LinkedIn.

Secara mengejutkan, Microsoft mengatakan hari Senin (13/6) akan membeli LinkedIn dengan nilai sekitar US$26,2 miliar, sebuah kontrak yang dapat membawa perubahan-perubahan sederhana namun signifikan terhadap jaringan profesional yang memiliki lebih dari 430 juta angota itu.

LinkedIn akan tetap menjadi unit independen dari Microsoft. Namanya dipertahankan dan CEO saat ini, Jeff Weiner, tetap tinggal dan melapor langsung kepada CEO Microsoft Satya Nadella. LinkedIn memungkinkan para anggota berjejaring dengan profesional lainnya, mengunggah CV, mendapatkan saran untuk karir dan mencari pekerjaan.

Untuk Microsoft, akuisisi ini memberikan peluang untuk memperkuat diri sebagai perusahaan teknologi untuk kelompok profesional dunia, membantu mereka mencari pekerjaan, belajar keterampilan baru dan melakukan pekerjaan mereka.

Microsoft juga akan mencari jalan untuk menggabungkan perangkat-perangkat lunak Microsoft untuk pekerja dengan informasi yang disimpan dalam jaringan profesional daring pada LinkedIn.

Sebagai contoh, Nadella mengatakan kepada The Associated Press bahwa aplikasi asisten digital Cortana dapat menggali LinkedIn untuk mencari data yang berguna.

"Cortana dapat membangunkan anda sebelum pergi rapat dan memberitahu mengenai orang-orang yang akan anda temui untuk pertama kali dan hubungan yang anda miliki dengan mereka," ujarnya.

"News feed" LinkedIn, yang menyediakan artikel dan berita terbaru dari kontak-kontak anda di jaringan tersebut, dapat menyoroti informasi yang relevan untuk proyek yang mungkin sedang anda kerjakan menggunakan perangkat lunak Microsoft's Office. Para pengguna LinkedIn dapat melihat perubahan-perubahan ini dalam satu tahun setelah perjanjian dibuat, ujar Nadella.

Microsoft juga dapat mengintegrasikan perangkat lunak bisnis dengan bisnis LinkedIn yang semakin meningkat yaitu menyediakan profesional bidang penjualan dengan kontak-kontak dan informasi untuk membantu melakukan penjualan ke perusahaan-perusahaan besar.

LinkedIn, yang berbasis di Mountain View, California, sejauh ini merupakan akuisisi terbesar oleh Microsoft -- jauh lebih besar dari Skype, yang dibeli seharga $8,5 miliar tahun 2011.

Rekam jejak Microsoft untuk akuisisi beragam, dengan lebih dari $10 miliar telah dikucurkan untuk perusahaan-perusahaan seperti pembuat ponsel Nokia, perusahaan iklan daring aQuantive dan permainan video Minecraft. [hd]

XS
SM
MD
LG